Iklan dempo dalam berita

Kisah Kutukan Keris Mpu Gandring, Penguasa Kerajaan Singasari Jadi Tumbal 7 Turunan

Kisah Kutukan Keris Mpu Gandring, Penguasa Kerajaan Singasari Jadi Tumbal 7 Turunan

Ilustrasi. Kesaktian keris mpu gandring--

NASIONAL, RBTV.CAMKOHA.COM - Keris Mpu Gandring merupakan senjata pusaka yang melegenda dan terkenal dalam sejarah berdirinya Kerajaan Singasari. 

 

Keris ini kabarnya memiliki kutukan yang dikeluarkan oleh pembuatnya yang bernama Mpu Gandring. 

 

Isi kutukan Mpu Gandring adalah bahwa keris ini akan meminta tujuh korban dari kalangan penguasa Kerajaan Singasari. Kutukan keris ini pun benar-benar berlaku, yang mengakibatkan terbunuhnya raja-raja Kerajaan Singasari.

 

Asal-usul Keris Mpu Gandring Keris Mpu Gandring merupakan keris yang dipesan oleh Ken Arok, yang pada awal abad ke-13 menjadi prajurit dari Tumapel, sekarang Singasari, di Malang. 

 

BACA JUGA:Mengenal Lebih Jauh Legenda Serunting Sakti, Si Pahit Lidah Bersenjatakan Sumpah dan Kutukan

Keris ini dipesan oleh Ken Arok untuk menghabisi majikannya sendiri, yaitu Tunggul Ametung, yang saat itu menjadi akuwu (camat) di Tumapel. Hal ini dilakukan karena Ken Arok jatuh cinta dengan istri Tunggul Ametung yang bernama Ken Dedes. 

 

Ken Arok kemudian memesan keris kepada seorang pandai besi terkenal bernama Mpu Gandring. Mpu Gandring menjanjikan keris ampuh untuk membunuh Tunggul Ametung yang sakti dalam waktu satu tahun. Namun, selang beberapa bulan, Ken Arok sudah tidak sabar. 

 

Ia pun nekat merebut keris yang belum sempurna dan menusukkannya ke dada Mpu Gandring hingga tewas. Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengutuk kalau keris itu nantinya akan membunuh tujuh orang penguasa, termasuk Ken Arok dan anak cucunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: