Iklan dempo dalam berita

Tidak Sembarangan Proses Membuat Keris, Salah Satunya Ada Ritual Puasa

Tidak Sembarangan Proses Membuat Keris, Salah Satunya Ada Ritual Puasa

Ritual membuat keris, diantaranya berpuasa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Keris memiliki kelebihan dibanding senjata kebanyakan. Selain berfungsi sebagai senjata, namun keris juga sebagai sebuah kebudayaan serta seni.

 

Keris menggambungkan fungsi senjata serta keindahan. Karenanya tidak mudah membuat keris. Dibutuhkan keahlian khusus yang tidak semua orang bisa.

 

Beberapa pembuat keris handal, biasanya akan melakukan sejumlah ritual sebelum memulainya. Diantara ritual tersebut berpuasa.

 

Penjelasan salah seorang pembuat keris, Kanjeng Raden Arya (KRA) Natakusuma Cakra Hadiningrat, lama pembuatan keris sangat bergantung pada jenis keris yang diinginkan. 

BACA JUGA:Keris Sakti dari Tanah Jawa, Diantaranya Haus Darah dan Membawa Hawa Panas

 

Karena beda jenis, beda pula bahan yang dicampur. Bergantung energi atau ion-ion logam. Setiap logam memiliki kekuatan berbeda ketika dilebur.

 

Namun, sebagai gambaran, menurut Mpu Purwo, untuk membuat keris bagus (pusaka), lama pembuatan bisa mencapai 1 hingga 3 bulan. Sedangkan keris dengan kualitas biasa, proses pembuatan mencapai 2 minggu sampai 1 bulan.

 

Sebagai pembuat keris, Mpu Purwo sendiri mengkhususkan diri pada pembuatan keris pusaka. Namun ia tak menolak bila ada yang meminta dibuatkan keris sekadar untuk cenderamata atau souvenir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: