Iklan dempo dalam berita

DPD Asal Bengkulu Sejak Pertama, Ada yang Sampai 20 Tahun

DPD Asal Bengkulu Sejak Pertama, Ada yang Sampai 20 Tahun

--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Tahapan pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah dimulai. Ada 12 nama yang menjadi bakal calon, setelah menyerahkan daftar dukungan hingga akhir Desember lalu.

Untuk kursi DPD, jatah Provinsi Bengkulu sama seperti DPR RI, hanya empat orang. Pemilihan DPD ini sendiri dimulai sejak pemilu 2004. Artinya Pemilu 2024 adalah kali kelima digelar pemilihan DPD.

BACA JUGA:Palsukan Data Dukungan, Ini Sanksi Bacalon DPD RI

Terbentuknya DPD tidak lepas dari reformasi yang bergulir 1998. Ketika itu banyak tatanan bernegara yang berubah. Salah satunya dibentuknya DPD sebagai pengganti Fraksi Utusan Daerah.

Dalam pembentukan DPD juga ditetapkan jika anggota DPD dipilih langsung oleh rakyat dan orang yang dipilih harus terlepas dari atribut parpol.

BACA JUGA:Bertabur Bintang Calon DPD Bengkulu, Ini Peta Sebaran Dukungan

Berdasarkan Pasal 22 UUD 1945 dan Tata Tertib DPD RI dijelaskan, sebagai lembaga, DPD memiliki fungsi legislasi, pengawasan dan pertimbangan.

Untuk fungsi legislasi, DPD mengajukan usul rancangan undang-undang. Kemudian pada fungsi pengawasan, DPD mengawasi pelakasanaan undang-undang dan menerima hasil pemeriksaan keuangan negara yang dilakukan BPK.

BACA JUGA:Diantar Wabup, Anak Mantan Bupati Serahkan Dukungan DPD

Sedangkan untuk fungsi pertimbangan, DPD memberikan pertimbangan kepada DPD RI.

Lalu siapa saja anggota DPD asal Bengkulu sejak pertama kali digelar? Berikut daftarnya

BACA JUGA:Daftar DPD, Edi: Bengkulu Butuh Wakil yang Berani

Hasil Pemilu 2004

1. Bambang Soeroso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: