Iklan dempo dalam berita

Tidak Perlu Takut Kolesterol saat Makan Daging, Asalkan Mengikuti Anjuran Berikut

Tidak Perlu Takut Kolesterol saat Makan Daging, Asalkan Mengikuti Anjuran Berikut

Cara mengolah daging agar aman dari kolesterol--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kalau ada hajatan, seperti pesta pernikahan, biasanya akan ada banyak makanan yang menggugah selera. Walaupun banyak pilihan, seringkali kita tetap tidak puas karena khawatir dengan kolesterol. 

Alasannya banyak diantara makanan tersebut mengandung lemak yang dapat memicu kolesterol kambuh.

Biasanya daging-dagingan menjadi makanan yang dihindari. Kolesterol adalah satu jenis lemak yang dibuat di hati dan ditemukan pada makanan hewani. Demikian juga trigliserida terdapat di jaringan lemak atau gajih, minyak dan santan. karena daging memiliki lemak yang dapat membuat  kolesterol kambuh. 

BACA JUGA:Mau Lolos Seleksi? Ini Contoh Tes Psikotes hingga Alasan Memilih Kerja di Perum Bulog

Namun demikian, ada hal-hal yang perlu diketahui dan dilakukan sebelum mengolah dan mengkonsumsi daging. Hal ini dilakukan agar kita dapat menikmati hidangan daging dengan tetap sehat dan bebas dari kolesterol.

Meski dianggap sebagai sumber kolesterol tinggi, nyatanya daging memiliki banyak manfaat kesehatan, lho. Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, daging kambing mengandung sumber protein, vitamin B12, kalsium, kalium, fosfor, folat, dan riboflavin yang baik untuk kesehatan otak, sistem saraf, dan pencernaan.

Jika dibanding jenis daging lainnya, daging kambing cenderung memiliki tingkat kolesterol yang rendah. Setiap 100 gram daging kambing hanya terdapat 75 miligram kolesterol. Sedangkan pada daging sapi mengandung 90 miligram kolesterol dan 135 miligram pada paha ayam.

BACA JUGA:Rekomendasi HP Xiaomi Kelas Flagship, Spesifikasi Canggih Harga Murah

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu agar tidak perlu khawatir kolesterol saat makan daging. 

1. Masak daging hingga matang sempurna

Dalam memasak daging kambing, pilihlah metode memasak daging dengan sempurna dan memasak yang lebih sehat. Hindari mengolahnya menjadi hidangan berlemak tinggi seperti gulai dan sate yang menggunakan santan dalam prosesnya. 

Jika ingin membuat sup, rebuslah daging sehari sebelumnya dan buanglah lemak yang mengambang di atas kaldu. Apabila kamu lebih menyukai dagingnya dipanggang, pastikan suhu dalam panggangan mencapai 71,1°C agar daging matang dengan sempurna. Ingatlah untuk membuang lemak yang terlihat pada daging sebelum dimasak untuk mengurangi kadar lemak jenuh.

BACA JUGA:Aturan Kontrak Kerja dan Gaji Calon Mitra Statistik BPS 2024, Pahami Sebelum Lulus Seleksi

2. Pilih area daging yang rendah lemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: