Iklan dempo dalam berita

Masih Diperdebatkan, Begini Sejarah Asal Suku Batak, Pertama kali Mendiami Danau Toba

Masih Diperdebatkan, Begini Sejarah Asal Suku Batak, Pertama kali Mendiami Danau Toba

Sejarah asal mula Suku Batak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Masih diperdebatkan, begini sejarah asal Suku Batak, pertama kali mendiami Danau Toba.

Suku Batak merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Suku Batak berada di urutan ketiga setelah Suku Jawa dan Sunda.

Dengan keberagaman budaya dan tradisinya, Suku Batak telah menghiasi Bangsa Indonesia. Namun tahukah kamu darimana asal usul Suku Batak?

BACA JUGA:Pertarungan Smartphone Harga Rp 2 Jutaan, Oppo A18 Vs Samsung A05, Mana yang Paling Kece?

Suku Batak merupakan suku yang berasal dari Sumatera Utara dari rumpun etnis yang mendiami sebagian besar wilayah di beberapa kabupaten di Sumatera Utara seperti Kabupaten Karo, Dairi, Simalungun, Asahan, dan Tapanuli Utara.

Suku Batak dibagi menjadi 6 subsuku atau yang disebut dengan istilah Puak. Subsuku dari Suku Batak yaitu Suku Batak Toba, Karo, Angkola, Mandailing, Pakpak, dan Simalungun.

Asal usul Suku Batak umumnya diketahui dari nenek moyang dari Asia Selatan yang bermukim di pulau Sumatera. Suku Batak juga diketahui merupakan penutur bahasa Austronesia.

Mengutip dari buku suku-suku bangsa di Sumatera karya Giyanto, nenek moyang dari Suku Batak merupakan kelompok Proto Melayu atau yang biasa disebut juga sebagai Melayu Tua.

BACA JUGA:Begini Cara Bikin Obat Kuat dari Susu Beruang, Sekali Minum Langsung Jos!

Pada mulanya kelompok Proto Melayu berasal dari Asia Selatan. Lalu kemudian mereka bermigrasi ke Indonesia melalui Pulau Sumatera lewat Semenanjung Malaya.

Setelah sampai di Pulau Sumatera, kelompok tersebut menetap di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Kemudian, kelompok tersebut membuat permukiman di Sianjur mula-mula. Seiring berjalannya waktu, permukiman ini berkembang dan menyebar ke wilayah di sekitarnya.

Bicara mengenai asal-usul dan sejarah Suku Batak memang terkadang menimbulkan kerancuan karena terdapat banyak versi. Hal ini diduga karena minimnya catatan sejarah dan literatur yang ditemukan, sehingga asal-usul dari suku ini belum dapat dipastikan sepenuhnya.

Hasil penelitian The Waitt Family Foundation menunjukkan bahwa asal usul nenek moyang Batak itu berasal dari Afrika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: