Tanpa Biaya, Program Three in One Pangkas Birokrasi Layanan Kependudukan di Kota Bengkulu
Three in One, salah satu program unggulan Pemkot Bengkulu--
BENGKULU, RBTVDISWAY.ID – Program inovatif Three in One Pemerintah Kota Bengkulu terus berjalan dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Drs. Widodo, menjelaskan bahwa kekuatan utama program ini terletak pada komitmen dan keterlibatan langsung Wali Kota Dr. Dedy Wahyudi, SE.MM, serta Wakil Wali Kota Ronny L. Tobing, SH, dalam menjaga keberlangsungan inovasi.
Widodo memaparkan, keberhasilan program ini didukung oleh beberapa faktor penting. Pertama, keterlibatan pimpinan dalam memastikan program terus berjalan efektif.
BACA JUGA:PKK Kota Gelar Senam Bersama Peringati HUT Kemerdekaan RI dan HKG
Kedua, manfaat nyata yang dirasakan masyarakat, di mana layanan administrasi menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Ketiga, program ini memangkas birokrasi sehingga proses lebih singkat dan tanpa biaya.
“Koordinasi yang solid antara RT, lurah, hingga pihak Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi kekuatan tersendiri. Hal ini yang seringkali menjadi kendala di daerah lain, namun di Bengkulu bisa berjalan lancar,” ujarnya.
Dokumen yang diterbitkan melalui Three in One memiliki data terkini yang terintegrasi, seperti Kartu Keluarga (KK), KTP perubahan status, dan Akta Kematian. Selain itu, ada pula inovasi Six in One yang memuat data kependudukan, pekerjaan, golongan darah, status perkawinan, serta alamat terbaru.
BACA JUGA:Gempala Sukses, Walikota Bersama Kapolda Tanam Pohon Kelapa di Pantai Panjang
Menurut Widodo, integrasi data tersebut berdampak langsung pada kemudahan pengurusan administrasi di berbagai persyaratan, baik di instansi pemerintah maupun swasta.
“Dengan inovasi ini, masyarakat tidak perlu berulang kali mengurus dokumen ke berbagai tempat. Semua bisa diselesaikan sekaligus, cepat, dan gratis,” tegasnya.
Pemerintah Kota Bengkulu berharap inovasi layanan ini menjadi contoh yang dapat diadopsi daerah lain, sehingga pelayanan publik di Indonesia semakin berkualitas dan berpihak pada masyarakat.
Verdi Dwiansyah
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


