7 Cerita Kedermawanan Nabi Muhammad SAW, Diantaranya Nabi Menjadi Pucat karena Lupa Berinfaq

Sabtu 24-06-2023,16:38 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Keesokan harinya, datang lagi dan kembali meminta, Rasulullah pun memberinya Keesokan harinya, ia datang kembali untuk meminta-minta, Rasulullah lalu bersabda, "Aku tidak mempunyai apa-apa saat ini. Tapi, ambillah yang kau mau dan jadikan sebagai utangku. Kalau aku mempunyai sesuatu kelak, aku yang akan membayarnya."

 

Umar lalu berkata, "Wahai Rasulullah janganlah memberi diluar batas kemampuanmu." Rasulullah SAW tidak menyukai perkataan Umar tadi. Tiba-tiba, datang seorang laki-laki dari Anshar sambil berkata, "Ya Rasulullah, jangan takut, terus saja berinfak. Jangan khawatir dengan kemiskinan." 

 

Mendengar ucapan laki-laki tadi, Rasulullah tersenyum, lalu beliau berkata kepada Umar, "Ucapan itulah yang diperintahkan oleh Allah kepadaku." (HR Turmudzi).

BACA JUGA:Capek Meniru Orang Lain, Lakukan Ini agar Bisa Menerima Kondisi Diri Sendiri

 

Nabi Muhammad Pucat Karena Ingat Belum Sempat Berinfaq 

Ummu Salamah, istri Rasulullah SAW bercerita: Suatu hari Rasulullah SAW masuk ke rumahku dengan muka pucat. Aku khawatir beliau sedang sakit. "Ya Rasulullah, mengapa wajahmu pucat begini?" tanyaku.

 

Rasulullah menjawab,"Aku pucat begini bukan karena sakit, melainkan karena aku ingat uang tujuh dinar yang kita dapat kemarin sampai sore ini masih berada di bawah kasur dan kita belum menginfakkannya." (HR Al-Haitsami dan hadistnya sahih).

 

Sadar dari Pingsan Nabi Muhammad Langsung Ingat Sedekah

Aisyah berkata: Suatu hari, ketika sakit, Rasulullah SAW menyuruhku bersedekah dengan uang tujuh dinar yang disimpannya di rumah. Setelah menyuruhku bersedekah, beliau lalu pingsan. 

 

Ketika sudah siuman, Rasulullah saw bertanya kembali: "Uang itu sudah kau sedekahkan?" "Belum, karena aku kemarin sangat sibuk," jawabku Rasulullah bersabda, "Mengapa bisa begitu, ambil uang itu!".

Kategori :