Sumur Bor, Ini Biaya Lengkap Pembuatan Terbaru 2023 dan Ideal Kedalamannya

Senin 04-09-2023,20:10 WIB
Reporter : Tim liputan

2. Sumur bor di lokasi dataran rendah

 

Sebenarnya pengeboran tanah dengan kedalaman 4-10 meter untuk sumur bor pada dataran rendah sudah cukup untuk mendapatkan air bersih yang berlimpah. 

Namun, jika pengeboran dengan kedalaman 4-10 meter struktur lapisan tanah masih berlumpur maka lanjutkan sampai berpasir, berbatu, dan tanah yang keras. Jika masih berlumpur kamu bisa menggunakan pipa casing pada lubang sumur bor agar nanti air akan lewat pipa tersebut sehingga air akan jadi layak konsumsi.

BACA JUGA:Kemarau Panjang Pernah Melanda Indonesia, Ratusan Ribu Hektare Sawah Kering dan Banyak Kebakaran Hutan

 

3. Sumur bor di lokasi dataran tinggi

 

Air yang didapat dari dataran tinggi memang akan memiliki kualitas air yang lebih bersih dan jernih sebab air pada dataran tinggi punya kualitas yang baik, terutama daerah dekat pegunungan.

Pada tingkat kedalaman 20 meter sudah bisa mendapatkan air bersih meskipun kurang maksimal jadi kamu bisa mengebor lebih dalam lagi untuk kualitas air yang lebih bersih dan jernih. 

Pipa casing bisa dipasangkan pada lubang sumur bor bukan untuk melindungi air dari kotor melainkan melindungi sumur agar terhindar dari longsoran tanah. 

BACA JUGA:Berkendara Sambil Main HP Bakal Ditilang, Masuk 7 Daftar Sasaran Operasi Zebra 2023

Patokan untuk mendapatkan air bersih bukanlah kapasitas air yang melimpah dan kedalaman tanah. Namun, dengan cara mengidentifikasi struktur tanah sekitar pengeboran sumur bisa mendapatkan sumber air bersih dan jernih.

 

Demikian. (tim)

Kategori :