Kebun Megawati, Jalan Joko Widodo dan Monumen Soekarno, Ini 10 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Luar Negeri

Minggu 24-09-2023,14:01 WIB
Reporter : Septi Widiyarti

Ternyata, sosok R.A. Kartini juga di hormati di Negeri Kincir Angin, Belanda. Bahkan, nama tokoh emansipasi ini banyak dijadikan sebagai nama jalan di antaranya di Kota Utrecht, Venlo, Harleem, dan Kota Amsterdam.

BACA JUGA:Mau Gaji Besar Rp 35.000.000 per Bulan? Ini 10 Negara yang Manjakan para Pekerjanya

8. Jalan Mohammad Hatta, Belanda

Bukan hanya nama Presiden Pertama RI, tapi wakil presiden pertama RI Mohammad Hatta, turut diabadikan menjadi nama jalan di Belanda. 

Menurut mereka, Hatta dianggap sebagai figur yang punya pengaruh besar bagi Indonesia dan Belanda. Sehingga, nama Bung Hatta kini diabadikan sebagai nama jalan di Kota Harlem, Belanda.

9. Kebun Megawati, Korea Selatan

Selanjutnya, ketika kamu berkunjung ke Pulau Jeju, Korea Selatan, kamu bisa mampir di sebuah taman bernama Megawati Garden atau Megawati Jongwon. 

Ya, nama taman tersebut memang diambil dari nama Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri. Pasalnya dianggap sebagai simbol keakraban dan penghargaan bangsa Korea terhadap Indonesia.

BACA JUGA:Begini Sejarah Pemekaran Provinsi di Pulau Sumatera, Awalnya hanya 1 Provinsi Sekarang Sudah 10 Provinsi

10. Joko Widodo, di UEA

Selain dari sembilan nama diatas, ternyata Presiden Joko Widodo juga diabadikan menjadi sebuah nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. 

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.

BACA JUGA:Pemkab Benteng Minta Pembangunan 50 Rumah untuk Masyarakat, Lokasinya Salah Satu Desa di Tepi Pantai

Penamaan jalan Presiden Joko Widodo tersebut bukan tanpa alasan, karena merefleksikan hubungan erat RI - UEA. 

Sekaligus sebagai bentuk penghormatan pemerintah UEA kepada Presiden Joko Widodo, khususnya dalam memajukan hubungan bilateral RI-UEA.

Kategori :