Tidak untuk Dikunyah, Ini Manfaat Rebusan Air Daun Sirih, Bisa Meredakan Radang Sendi

Rabu 15-11-2023,12:17 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

- Mengatasi bau badan

Sifat antimikroba dan antiseptik dalam daun sirih faktanya juga efektif untuk membantu mengurangi bau badan.

Tanaman ini juga bisa kamu temukan dalam berbagai produk perawatan tubuh seperti sabun dan deodoran untuk mengatasi masalah bau badan.

BACA JUGA:Gak Hanya Wangi, Ini Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan, Bisa Mengobati Leukemia hingga Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan penelitian, pemanfaatan tanaman obat ini sebagai antiseptik telah berlangsung lama. Zat aktif pada sirih mengandung antibakteri yang dapat menghilangkan bau badan, terutama oleh bakteri atau jamur.

- Menghilangkan bau mulut

Selain menjaga kesehatan organ kewanitaan dan bau badan, manfaat daun sirih untuk mengurangi bau mulut juga sudah lama dikenal oleh masyarakat. 

Semua ini berkat sifat antiseptik pada daun sirih yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Maka tak heran kan, jika banyak orang tua yang suka mengunyah daun sirih.

- Mengatasi infeksi jamur di mulut

Jamur  tak hanya menyerang vagina, tetapi juga mulut. Nah, bila jamur ini sampai menginfeksi rongga mulut, akan muncul sariawan yang perih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih. Soalnya, daun sirih memiliki efek antijamur dan antiradang yang bisa mengatasi infeksi jamur di mulut.

BACA JUGA:Segera Daftar, PT Borneo Alumina Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Boleh Daftar

- Mengobati batuk

Air rebusan daun sirih telah lama digunakan sebagai obat batuk alami, karena memiliki efek antibakteri dan antioksidan di dalam daun sirih yang dapat mengatasi peradangan penyebab batuk. 

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih, tenggorokan akan lebih lega dan batuk pun berkurang.

- Mengurangi rasa gatal

Kategori :