15 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan, Salah Satunya Sembuhkan Sakit Gigi

Selasa 21-11-2023,13:37 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Tak hanya itu, manfaat air garam untuk berkumur atau membilas dapat mengurangi plak gigi dan jumlah mikroba mulut ketika digunakan berbarengan dengan kontrol plak. 

- Membantu Proses Penyembuhan Pasca Tindakan Gigi

Membilas atau berkumur dengan air garam dalam proses penyembuhan setelah prosedur gigi, seperti pencabutan gigi sangat baik dilakukan.  

Air garam tidak akan mengiritasi jaringan lunak di mulut dan tidak akan membakar yang menyebabkan sakit mulut. 

Menggunakan air garam untuk berkumur juga dapat mencegah soket kering (alveolar osteitis) yang menyakitkan yang mungkin terjadi pasca ekstraksi.

BACA JUGA:Masih Terbuka Kesempatan, Segera Daftar Seleksi Pendamping Lokal Desa, Lulusan SMA/SMK Bisa Ikut

- Kesehatan Pernapasan

Berkumur dengan air garam dapat melindungi tubuh dari flu biasa. Berkumur dengan air garam ini juga dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan bagian atas rata-rata dua setengah hari.

- Bermanfaat Bagi Penderita Penyakit Periodontal

Ternyata jika berkumur dengan salt water dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit ini, caranya dengan memasukkan satu sendok the garam ke dalam segelas air hangat dan menggunakannya untuk berkumur atau membilas.

- Meredakan Sakit Gigi

Air garam diyakini akan membantu menenangkan rasa sakit sementara sampai nantinya Anda mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut saat sakit gigi.

-  Infeksi Gusi

Air garam dapat membantu mengatasi infeksi gusi dengan menheluarkan kelebihan cairan di jaringan yang terkena infeksi melalui berkumur. Akan tetapi, tetap diperlukan perawatan lebih lanjut nantinya.

BACA JUGA:Naik, Segini Upah Minimum Provinsi Bengkulu Tahun Depan

- Sariawan

Kategori :