BLT El Nino Rp 400.000 Siap Disalurkan, Bagi yang Belum Terdaftar, Begini Cara Mengusulkannya

Jumat 24-11-2023,10:16 WIB
Reporter : Tim Liputan

BACA JUGA:Perhatian, Calon Mitra Statistik BPS 2024 yang Masih Berstatus “Belum Konfirmasi” Segera Perbaiki

3. Lewat Kantor Desa/Kelurahan

Selanjutnya, bagi masyarakat yang merasa layak mendapatkan BLT El Nino ini maka dapat mengajukan diri ke kantor desa/kelurahan setempat dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

4. Daftar Melalui Email

Laporan dan keluhan terkait bantuan sosial dapat disampaikan melalui surat elektronik (email) ke persuratan@kemsos.go.id.

Nantinya, masyarakat diminta untuk menyertakan kronologi dan bukti yang kuat. Petugas akan merespons dan memberikan penjelasan selama jam kerja.

BACA JUGA:Tips Membersihkan Interior Mobil Plus 7 Merek Cairan Khusus Pembersih Interior

5. Lapor Melalui Telepon

Kemudian, apabila masyarakat merasa layak mendapatkan BLT El Nino ataupun Bansos lainnya, maka dapat membuat laporan melalui hotline atau call center Kemensos RI.

Bagaimana caranya? Jadi, caranya cukup menelepon nomor 171 pada hari dan jam kerja, yaitu pada pukul 08.00-17.00 WIB. Petugas akan memberikan informasi dan instruksi lebih lanjut.

BACA JUGA:Syarat Mudah, PT Tempo Scan Membuka Lowongan Kerja dengan 7 Posisi Menarik, di Sini Link Pendaftarannya

6. Aplikasi Cek Bansos   

Jadi, pengajuan KPM Bansos juga dapat dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos. Langkah-langkah pendaftaran melibatkan instalasi aplikasi dari Google Play Store, pembuatan akun, verifikasi, dan penggunaan fitur Usul-Sanggah sesuai instruksi.

BACA JUGA:Syarat Mudah, PT Tempo Scan Membuka Lowongan Kerja dengan 7 Posisi Menarik, di Sini Link Pendaftarannya

7. Laporkan Melalui Media Sosial

Nah, apabila ada keluhan terkait BLT El Nino, maka masyarakat dapat menyampaikannya melalui pesan pribadi ke akun resmi Kemensos di Twitter (@kemensosri), Facebook (Kementerian Sosial RI), dan Instagram (@kemensosri).

Kategori :