Ini Dia Perbedaan 2 Macam Regulator Tekanan Tinggi dan Regulator Tekanan Rendah

Sabtu 02-12-2023,16:54 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL,  RBTVCAMKOHA.COM – Bisa dibilang hampir semua orang sudah menggunakan kompor gas di rumahnya. Di Indonesia sendiri kompor jenis rumahan masih banyak digunakan sebagai sumber energi dari gas.  Penggunaan kompor gas ternyata bukan hanya harganya yang murah, kompor gas tetap bisa digunakan meski PLN padam. 

BACA JUGA:10 Merek Regulator Gas dengan Bahan Material Berkualitas Tinggi, Dijamin Aman dan Tahan Lama

Tak heran jika, sumber energi gas tetap menjadi pilihan utama, terutama di daerah terpencil yang ketersediaan listriknya belum cukup merata dan stabil.  Oleh karena itu, keberadaan regulator dan selang gas masih banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Kompor Gas Sering Tidak Menyala? Ternyata Ini Lho Penyebabnya, Salah Satunya Aliran Gas Tersumbat

Untuk regulator sendiri terdapat 2 jenis regulator gas, yaitu:

- Regulator Tekanan Tinggi

- Regulator Tekanan Rendah

Akan tetapi, sebelum kami membahas tentang perbedaan regulator, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu regulator dan apa fungsinya.  Regulator atau mungkin yang banyak orang ketahui sebagai tutup tabung gas atau juga penyambung tabung gas ke kompor, merupakan pengatur kestabilan tegangan yang keluar dari tabung gas dan akan disalurkan ke kompor. 

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Bisa Pasang Sendiri Tabung Gas di Rumah, tapi Ikuti Cara Ini ya

Lalu, apa saja fungsi regulator tekanan tinggi dan rendah?

- Regulator Tekanan Tinggi

Regulator tipe ini mempunyai tekanan sebesar 0,6kg/jam. Selain itu, regulator tekanan tinggi juga memiliki bentuk fisik yang berbeda dari regulator tekanan rendah.  Pada regulator tekanan tinggi, Anda bisa menemukan knob yang bisa diputar untuk mengatur besar kecilnya gas yang ingin Anda keluarkan.

Mungkin Anda kebingungan, regulator tekanan tinggi dipakai buat masak apa sih sampai penggunaan tekanannya harus sebesar itu? Nah, biasanya, regulator tekanan tinggi digunakan untuk restoran-restoran besar yang sering di lihat jika chef atau tukang masaknya menggunakan kuali yang besar untuk memasak.  Biasanya juga, regulator tekanan tinggi digunakan untuk oven-oven besar dan kebanyakan penjual kue atau roti pasti akan menggunakan regulator tekanan tinggi ini.

BACA JUGA:Biar Aman, Kenali Penyebab dan Cara Atasi Tabung Gas Mendesis, Pakai Trik Sederhana Ini

Jika kamu mempunyai tujuan untuk membuka sebuah restoran atau menjual kue atau roti, regulator tekanan tinggi merupakan pilihan yang teapt. 

Kategori :