Tidak Semua Pakaian Bisa Dicuci Dalam Mesin, Ini Jenis Pakaian Tidak Boleh Dicuci Dalam Mesin

Minggu 03-12-2023,08:29 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOH.COM – Mesin cuci memang memudahkan pekerjaan. Hampir setiap rumah juga memiliki mesin cuci. Namun perlu diingat tidak semua jenis pakaian bisa dicuci menggunakan mesin. 

Sayangnya kita sering lupa mana bahan pakaian yang boleh dicuci menggunakan mesin cuci dan mana yang tidak.

Jika kita tidak bijak memilahnya, maka pakaian akan cepat rusak dan pudar. Ada beberapa bahan pakaian yang tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Simak ulasannya berikut.

BACA JUGA:Informasi Lowongan Kerja, Bank Mandiri Rekrut Karyawan Baru 2 Desember 2023 Untuk Penempatan Seluruh Indonesia

1. Kasmir

Kasmir atau benang wol seperti cardigan, adalah bahan pakaian yang tidak disarankan untuk dicuci di mesin cuci karena jenis pakaian ini akan menyusut jika dicuci dengan mesin cuci.

Gwen Whiting dan Lindsey Boyd dari The Laundress menyarankan mencuci pakaian berbahan wol atau kasmir, sebaiknya menggunakan tangan. 

Cara mencuci pakaian berbahan dasar wol atau kasmir, isilah wastafel atau ember dengan air dan detergen cair, putar-putar sebentar dan diamkan hingga 30 menit, setelah itu bilas, hingga air bersih, tiriskan kemudian jemur. 

2. Sutra

Jenis pakaian yang berbahan sutra pun harus berhati-hati dalam mencucinya. Biasanya di dalam pakaian tersebut sudah terdapat lable, dry clean only. Sehingga kita terkadang membawanya ke binatu. 

BACA JUGA:10 Cara Hilangkan Komedo Menggunakan Bahan-bahan Alami, Mudah dan Murah

Namun, Whiting dan Boyd menyarankan mencuci pakaian berbahan sutra dengan aman di rumah. Kamu bisa menyiapkan air dingin yang sudah tercampur detergen lembut, bilas, kemudian kamu bisa menjemurnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Hal ini agar warna pada pakaianmu tidak memudar dan cara mencuci tadi menghindari pakaian kesayanganmu menjadi rusak karena tersangkut atau menyusut. 

3. Pakaian Berpola

Pakaian yang fit di badan, seperti celana, jaket, atau jas yang memiliki bantalan di bahu, tidak baik jika dicuci di mesin cuci. Pasalnya jika kamu mencucinya di mesin cuci, maka pakaian tersebut akan cepat rusak. 

Kategori :