Begini Cara Kerja Panel Surya dan Proses Instalasinya, Cukup Keluarkan Uang Segini untuk Pemasangan Dirumah

Rabu 20-12-2023,18:47 WIB
Reporter : Aziz Shadiq Ghaniy
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Meteran Listrik Bakal Diganti dengan Smart Meter Berbasis AMI Gratis, Ini yang Perlu Dipahami

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses pemasangan panel surya: 

  • Lokasi Penempatan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya panel surya ditempatkan di atas atap rumah karena lebih mudah terpapar oleh sinar matahari. Namun, saat memilih lokasi, kami sarankan untuk mempertimbangkan apakah lokasi tersebut akan tertutupi oleh bayangan pohon atau rumah lainnya. Hal ini bertujuan agar panel surya dapat menyerap sinar matahari dengan maksimal.

  • Alat Pendukung Panel Surya

Berikutnya, hal yang perlu kamu perhatikan untuk  alat pendukung dari panel surya yang akan dipasangkan. Harap diingat bahwa panel surya tidak dapat bekerja sendiri dan tiba-tiba mengubah energi panas menjadi energi listrik yang bisa digunakan. 

Panel surya memerlukan serangkaian alat pendukung yang berkualitas tinggi untuk mendukung kinerja mereka. Beberapa diantaranya adalah: 

  • Inverter, yang berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi listrik. 
  • Dudukan alumunium, digunakan untuk menjaga posisi panel surya tetap stabil. 
  • Kabel-kabel yang diperlukan untuk menghubungkan panel surya dengan sistem listrik. 
  • Circuit breaker, yang berfungsi sebagai alat proteksi kelistrikan. 

Semua komponen ini sangat penting dalam memastikan kinerja optimal dari panel surya. Jadi jangan lupakan untuk mempertimbangkan juga kualitas pendukung ketika memasang panel surya, ya. Nah, jadi itulah berbagai informasi terkait  proses pemasangan panel surya yang dapat kamu ketahui. Lalu bagaimana harga pemasangannya?

BACA JUGA:Smart Meter AMI Bakal Jadi Pengganti Meteran Listrik Konvensional, Apakah Tagihan Berubah?

Harga Pemasangan Panel Surya

Panel surya ini memiliki harga pemasangan yang agak mahal, ya. Untuk 1 kilowatt panel surya, Anda perlu mengeluarkan sekitar 14 juta rupiah. Namun, biaya totalnya tergantung dari seberapa besar panel surya yang akan dipasang. 

Jika panel surya dimaksudkan untuk kebutuhan rumah tangga, kemungkinan biayanya berkisar antara 14-28 juta rupiah. Pastinya, harga ini bisa mengalami kenaikan atau penurunan karena bergantung pada harga di pasar. Biaya pemasangan panel surya tidak hanya bergantung pada ukurannya saja, tetapi juga pada jumlah watt yang digunakan. Semakin tinggi watt yang digunakan, semakin besar juga biayanya.

BACA JUGA:Peralihan Meteran Listrik Konvensional ke Smart Meter AMI, Begini Cara Pasangnya

Nah, itulah cara kerja dan proses pemasangan dan harga dari panel surya yang wajib kamu ketahui. Panel surya bisa jadi solusi yang ramah lingkungan untuk menghasilkan listrik menggunakan energi matahari. Jadi apakah Anda tertarik untuk menggunakan panel surya?

(Aziz Shadiq Ghaniy)

Kategori :