Hindari 8 Kebiasaan Ini Kalau Mau Umur Panjang, Sering Dianggap Sepele Padahal Berbahaya Bagi Kesehatan

Jumat 22-12-2023,05:39 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Malas cuci tangan menggunakan sabun antibakteri, setelah kembali dari aktivitas atau ketika sebelum dan sesudah makan, maka akan ada sejumlah mikroba dan bakteri yang bisa masuk ke sistem pencernaan dan menyebabkan penyakit.

BACA JUGA:Coba Terapkan 11 Cara Sederhana Ini Agar Hidup Panjang Umur, Nomor 5 Siapa Sangka

5. Malas Membersihkan Gigi

Penelitian terbaru dari New York University membuktikan bahwa membersihkan gigi secara teratur atau ke dokter gigi secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup seseorang sampai 6 tahun. Sebab, membersihkan gigi mampu mengurangi kemungkinan penyakit gusi. Penyakit gusi terkait erat dengan penyakit jantung karena terhubung dengan pembuluh darah arteri.

6. Seks Tak Aman

Seks tak aman juga dapat membahayakan nyawa karena berpeluang lebih tinggi untuk terjangkit penyakit menular seksual seperti HIV, hepatitis, dan lain-lain. Maka jangan lupa gunakan kontrasepsi dan pastikan pasangan Anda tidak mengidap penyakit menular seksual.

BACA JUGA:Manfaat Jalan Kaki Agar Panjang Umur, Berapa Langkah dalam Sehari? Ini Ulasannya

7. Menggigit Kuku 

Kebiasaan menggigit kuku ternyata bisa menyebabkan penyakit fatal dan mengurangi umur seseorang. Sebab, terdapat sejumlah bakteri di bawah kuku yang bisa masuk ke sistem pencernaan dan menyebabkan penyakit yang biasa dikenal dengan sepsis.

BACA JUGA:7 Makanan dan Minuman yang Membuat Panjang Umur, 2 Diantaranya Rempah Dapur

8. Melewatkan Sarapan

Banyak penelitian membuktikan bahwa tidak pernah sarapan dapat menurunkan fungsi metabolisme dan kekebalan tubuh. Apabila kekebalan dan metabolisme rendah maka tubuh tidak dapat melawan penyakit secara efektif, sehingga membuat seseorang rentan terhadap penyakit.

Tim

Kategori :