Perhiasan Berlian puny Harga Fantastis, Ini 5 Poin Keuntungan Berinvestasi Berlian yang Wajib Anda Tahu

Rabu 27-12-2023,14:11 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Faktor-faktor seperti ukuran, karat, tingkat kejernihan, dan kandungan emas di dalam berlian akan menentukan harga akhirnya. Semakin baik faktor-faktor ini, semakin tinggi kualitas berlian tersebut. Dengan demikian, nilai jual berlian secara otomatis akan meningkat seiring dengan peningkatan kualitasnya.

BACA JUGA:Cukup dengan Rp 10 Ribu Sudah Bisa Menabung Emas di Kantor Pos, Simak Alasan Harus Menabung Emas

3. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Berlian, selain memiliki nilai yang tinggi dan keindahan yang memukau, juga termasuk dalam kategori batu yang sangat keras dan tahan lama. Sifat ketahanannya membuatnya tidak memerlukan perawatan khusus saat disimpan atau dirawat. 

Sebagai salah satu batu paling keras di bumi, berlian yang ditempatkan dalam suatu tempat untuk jangka waktu yang lama tidak akan mengalami perubahan fisik yang dapat memengaruhi harganya, bahkan jika lingkungan tempat penyimpanannya terlalu panas, lembab, atau kotor. Kekuatan dan ketahanan berlian membuatnya tidak mudah tergores, rapuh, atau hancur.

Ketika terjatuh, berlian juga tidak rentan pecah atau tergores dengan mudah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya sebagai perhiasan sehari-hari. Sebuah berlian yang mudah pecah setelah terjatuh atau terkena benturan ringan kemungkinan besar merupakan berlian palsu yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA:Lengkapi 3 Syarat Berikut, Gadai Emas di Pegadaian Bisa Dapat Pinjaman hingga Rp500.000.000

4. Nilainya yang Bisa Terus Meningkat

Memang, berlian memiliki keistimewaan menjadi investasi yang tahan inflasi, menjadikannya stabil bahkan di tengah krisis ekonomi. Namun, nilai berlian dapat meningkat atas beberapa faktor, seperti kelangkaan jenisnya, tingginya permintaan, dan keindahannya.  Selain itu, ketika berlian dijual sebagai perhiasan lengkap, kerangka atau kerangka berlian yang terbuat dari emas atau perak juga memiliki peran dalam menentukan harga jual berlian tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Membedakan Emas Kuning Berdasarkan Karatnya, Banyak yang Belum Tahu

5. Bersifat Abadi

Salah satu keunikan yang menjadi ciri khas dari investasi dalam berlian adalah sifat abadinya. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai berlian tetap stabil dari masa ke masa, bahkan jika telah menjadi warisan dari generasi sebelumnya. Beberapa faktor yang memengaruhi harga berlian antara lain adalah model, keunikan, dan kualitas dari berlian tersebut.

BACA JUGA:Tidak Semua Emas Cocok Dijadikan Investasi, Ini Jenis Emas Dianjurkan untuk Tabungan Masa Depan

Dengan demikian, menjual kembali berlian, baik yang telah lama disimpan maupun yang baru saja dibeli, tidak akan sulit dilakukan. Syarat utamanya adalah pastikan keaslian berlian dan memiliki sertifikasi yang jelas, karena hal ini akan sangat memudahkan proses investasi yang sedang kamu jalankan.  Berbeda dengan investasi emas, investasi dalam berlian lebih bersifat personal dan tidak terkait dengan pasar komunitas atau lelang jual-beli umum. Ketika memutuskan untuk berinvestasi dalam berlian, penting untuk memilih toko yang dapat membuktikan legalitasnya dalam penjualan berlian. 

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Membedakan Emas Kuning Berdasarkan Karatnya, Banyak yang Belum Tahu

Transaksi berlian harus dilakukan di toko yang terpercaya, menyediakan berlian dengan kualitas yang jelas serta menyertakan sertifikat pembelian yang terverifikasi.  Penting untuk diingat, membeli berlian dari toko yang kurang akurat dalam kualitasnya dapat berakibat pada kerugian. Kurangnya kejelasan dalam sertifikasi berlian dapat membuat proses penjualan menjadi rumit dan sulit dilakukan di kemudian hari. Oleh karena itu, kepercayaan pada sertifikasi dan kualitas berlian sangatlah penting untuk memastikan investasi berlianmu aman dan berjalan dengan lancar.

Kategori :