Adapun tips dalam membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar:
Pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta menggunakan bahasa yang resmi.
2. Gunakan kata yang sopan namun resmi. Hal ini karena kamu akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.
3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi, yang sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja.
4. Hendaknya ditulis secara manual, agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan kamu. Tapi sekarang surat lamaran kerja juga bisa disertakan di email, maupun berbentuk dokumen digital.
5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan, sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.
6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Dengan begitu kamu menunjukkan memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.
Format surat lamaran kerja:
Umumnya dalam surat lamaran kerja ada sebuah resume atau CV dan ijazah yang harus ada dalam satu paket. Sehingga. mempermudah pegawai perusahaan dalam mengenali para pelamar.
Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal yang ada di bawah ini ada di surat lamaran kerja:
1. Tempat dan tanggal penulisan
2. Perusahaan yang dituju
3. Salam hormat
4. Kata pengantar
5. Biodata pribadi