Senyum Gembira, Ini 5 Instansi Akan Membuka Formasi CPNS 2024 Lulusan SMA/SMK

Kamis 11-01-2024,18:13 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Badan Intelijen Negara (BIN) memberikan kesempatan bagi lulusan SMA untuk masuk CPNS antara lain untuk mengisi jabatan pengelola rekam medis dan informasi, serta jabatan asisten laboratorium.  Di Badan Intelijen Negara, pelamar wajib mempunyai background pendidikan sesuai dengan kemampuan dan ketentuan. Selain itu, pelamar dengan banyak pengalaman di organisasi akan lebih diutamakan.

Kesehatan jasmani hingga penglihatan menjadi syarat khusus yang harus dipenuhi pelamar. Jika menggunakan kacamata, maksimal ukuran lensanya adalah 1.0, baik miopia maupun hipermetropia.  Selain itu, pelamar mempunyai tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

BACA JUGA:KUR BSI 2024 Dibuka Dapatkan Modal Hingga Rp500 Juta Asalkan Usaha Sudah Berjalan Selama 6 Bulan

3. Basarnas

Basarnas merupakan salah satu instansi yang rutin membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA/sederajat. Instansi ini menawarkan kesempatan untuk berkarir di posisi petugas lapangan, yang memegang peranan penting di garda terdepan penanggulangan bencana.

BACA JUGA:Dapatkan Dana hingga Rp500 Juta KUR Mandiri, Ini Tabel Angsuran dan 5 Kategori KUR Mandiri 2024

Jika kamu ingin menjadi PNS di Basarnas, mulailah mempersiapkan diri dari sekarang dengan membangun fisik yang kuat dan melewati serangkaian ujian tertulis.  Untuk menjadi bagian CPNS Basarnas, terdapat ketentuan khusus yang mengharuskan pelamar berusia maksimal 25 tahun. Selain itu, tinggi peserta laki-laki minimal 165 cm, sedangkan tinggi wanita adalah 158 cm.

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Petani hingga Nelayan Bisa Pinjam Sampai 4 Kali, Ini Tabel Angsuran Plafon Rp 100 Juta

Tiap-tiap peserta harus mempunyai bobot badan ideal dan tidak memakai tindik, tato, atau memiliki bekas tersebut. Pelamar di rekrutmen instansi ini merupakan orang-orang yang mempunyai kesehatan dari segi jasmani, rohani, dan psikologi.  Pelamar diharuskan tidak mempunyai fobia ketinggian, punya skill berenang, dan belum menikah. Terakhir, harus bersedia menandatangani pernyataan bahwa dirinya tidak akan menikah selama jadi CPNS.

BACA JUGA:Tips Lolos Survei KUR BNI 2024, Siapkan Persyaratan Ini agar Pengajuan Disetujui, Berikut Tabel Angsuran Rp50

4. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung (Kejagung) rutin membuka kesempatan penerimaan CPNS kepada lulusan SMA, khususnya tenaga administrasi yang menangani perkara dan melindungi warga binaan.  Bagi calon peserta seleksi yang akan mengikuti CPNS Kejaksaan Agung lulusan SMA, Anda perlu tahu mengenai syarat khususnya. Yaitu, minimal nilai ijazah pendaftar adalah 7.00 (Tujuh koma nol nol). 

Informnasi penting, jika ingin berkarir di Kejaksaan Agung melalui posisi ini, harus bersiap untuk penempatan di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Mudah dan Praktis, Ini 6 Langkah Mengajukan KUR BCA Lewat Online, Simak Tabel Angsuran Pinjaman Rp 20 Juta

5. Kementerian Pertanian

Kementerian Pertanian membuka peluang bagi lulusan SMA untuk mengikuti penerimaan CPNS. Berdasarkan pengalaman pembukaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya, formasi yang umumnya dibutuhkan untuk lulusan SMA adalah sebagai petugas lapangan.

Kategori :