Si Kecil Belum Juga Lancar Bicara, Berikut Amalan Islami Untuk Anak Cepat Berbicara

Jumat 02-02-2024,19:27 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Selain mengamalkan do’a agar anak cepat berbicara, kamu juga bisa merangsang kemampuan anak dalam berkomukasi, dengan cara:

1. Ikuti semua ucapannya

Perhatikan suara-suara yang terucap dari si kecil. Meski Bunda tidak mengerti maksudnya, ulangi lagi suaranya sesuai yang Bunda tangkap. 

BACA JUGA:Ini 8 Jenis Skincare saat Cuaca Panas, Selain Melindungi juga Membuat Wajah Cantik Paripurna

Dengan begitu, si kecil akan merasa sedang berbicara dengan bunda dan membiasakan diri untuk meniru kata-kata dan nada bicara bunda.

Ini tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, bersabarlah dan tetap berikan si kecil kesempatan sebanyak mungkin untuk “mengobrol” dengan bunda. 

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Selain untuk Kesehatan, Ini 5 Cara Membuat Jamu Awet Muda dan Cantik

2. Buatlah narasi

Meski si kecil belum bisa berbicara layaknya orang dewasa, bunda tetap bisa memakai percakapan sehari-hari saat berkomunikasi dengannya. 

Misalnya, saat memakaikan baju pada Si Kecil, Bunda bisa berbicara, “Hari ini Adik pakai baju motif bunga-bunga untuk bermain ke taman,” sambil memperlihatkan bajunya.

BACA JUGA:Jangan Diskip, Ini Kebiasaan yang Membuat Awet Muda, Wajah Auto Kembali seperti Umur 17 Tahunan

Hal ini bisa membantu Si Kecil memahami objek tertentu melalui perkataan Bunda. Terapkanlah hal ini pada kegiatan lainnya, seperti saat mandi, memberikan makan, atau mengganti popok.

Biasakan selalu berbicara menggunakan kalimat lengkap kepadanya. 

BACA JUGA:Lakukan dengan Rutin 5 Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

3. Main bersama-sama

Ketika memiliki anak, terkadang orang tua harus bisa berakting menjadi anak kecil. Ajaklah anak untuk bermain-bermain peran atau membayangkan sesuatu untuk mengembangkan kemampuan verbalnya. Misalnya, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk pura-pura menelepon Ayah dengan telepon mainan.

Kategori :