Pinjaman KUR BRI 2024 Rp30 Juta Angsuran Berapa? Begini Hitungannya, Cek Juga Syarat untuk Pencairannya

Jumat 16-02-2024,05:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Pemerintah pada tahun 2023 lalu, sudah menurunkan suku bunga/marjin KUR Super Mikro dari 6% menjadi sebesar 3% efektif per tahun untuk meningkatkan jumlah debitur KUR baru dan memperluas akses pembiayaan bagi usaha super mikro.

Calon debitur KUR Super Mikro dimudahkan dengan tidak dipersyaratkan lama minimal usaha 6 bulan seperti skema KUR lainnya, cukup diganti dengan bukti telah mengikuti pelatihan atau adanya pendampingan dari keluarga yang telah memiliki usaha.

BACA JUGA:3 Jenis KUR BRI 2024 Dibuka untuk Umum, Pinjaman Rp 65 Juta Ajukan Online Lebih Cepat dan Gratis

KUR Super Mikro memiliki plafon pinjaman maksimal Rp10 juta dan hanya diberikan kepada calon debitur yang belum pernah mengakses pembiayaan KUR.

Namun, jika ada kelebihan tentunya juga aka nada kelemahannya. Berikut ini kelemahan KUR BRI:

1. Tidak Bisa Buat Pengusaha Punya Pinjaman Sebelumnya

Kelemahan utama adalah persyaratan yang cukup ketat, terutama untuk pengusaha yang sudah punya pinjaman sebelumnya, tidak diperbolehkan untuk mengajukan KUR Bank BRI.

2. Tidak Bisa Pengusaha Belum 6 Bulan

KUR tidak bisa untuk pengusaha yang lama usahanya dibawah 6 bulan. Berlaku ketentuan bahwa pengusaha harus punya usaha minimum 6 bulan.

3. KUR Tidak Bisa untuk PNS Pegawai Negeri, TNI, Polri

Bagi yang punya profesi ini jangan mengajukan pinjaman KUR karena pasti akan ditolak. Namun, pasangan dari pegawai negeri, TNI dan Polri bisa mengajukan KUR. Tidak dilarang.

4. Tidak Boleh Jika Sedang Mengambil Kredit Subsidi Bunga Pemerintah di Kredit Modal Kerja atau Investasi di Bank Lain

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Pinjaman Rp40 Juta Pilihan Tenor 12-60 Bulan, Cek Simulasi Cicilan KUR BRI 2024

Syarat pengajuan KUR BRI adalah tidak sedang memiliki atau menikmati subsidi bunga dari pemerintah atas kredit modal kerja atau investasi di bank atau lembaga lain.

Ingat, ada SIKP (Sistem Informasi Kredit Program) merupakan sistem kontrol yang dilakukan OJK.

SIKP berguna untuk mengontrol dan membatasi penerimaan subsidi KUR dari pemerintah. Apabila calon nasabah ternyata memiliki angsuran KUR di bank lain, angsuran PNM, atau di Pegadaian KUR Syariah maka sistem menolak pengajuan kredit.

Kategori :