Ini Keutamaan Shalat Tarawih dan Witir yang Dikerjakan Selama Bulan Ramadhan

Minggu 10-03-2024,14:34 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Sholat witir yang dilaksanakan pada penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat. Mereka akan ikut mendoakan kita kepada Allah dan keberkahan akan menyertai siapa saja yang melaksanakan sholat witir ini. 

Sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda:"Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Muawiyah] dari [Al Amasy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama). Abu Muawiyah berkata: Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat)." (HR. Muslim)

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Rp 25 Juta, Begini Cara Pengajuan agar Cepat Cair dan Cicilan hanya Rp 400 Ribuan

7. Tak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah.

Sholat witir adalah sholat sunah yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah, kecuali hanya sekali. Lalu Rasulullah pun mengqadhanya sesudah sholat subuh. Rasulullah selalu mengerjakan sholat witir. 

Sebagaimana dalam sebuah hadits:"Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat Dhuha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur." (HR. Bukhari)

8. Diberi kekuatan dan petunjuk oleh Allah.

Seorang muslim yang senantiasa mengerjakan sholat witir, terutama di bulan Ramadhan maka akan mendapatkan kekuatan dalam setiap cobaan yang ia hadapi di dunia.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Laptop HP Paling Worth It untuk Dimiliki Tahun 2024

Selain itu, doa yang ia panjatkan akan selalu didengar oleh Allah. Sehingga, mereka yang rajin mengerjakan sholat witir akan mendapatkan petunjuk dari Allah dalam setiap cobaan yang sedang dihadapi.

Demikian ulasan mengenai keutamaan shalat tarawih dan witir yang dikerjakan selama bulan Ramadhan.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :