Harus Tetap Hati-hati! Begini Cara Menghindari Petir di Rumah, Penting untuk Tahu

Kamis 04-04-2024,16:07 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Saat badai petir melanda, sangat penting untuk menjauh dari jendela, pintu, dan beranda rumah. Menghindari berada di dekat atau di bawah struktur seperti pohon atau tiang juga disarankan.

Selain itu, hindari berbaring di lantai beton atau dinding, karena petir dapat merambat melalui kabel atau batang logam yang ada di dinding dan lantai.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Bacaan Sebelum Berdagang Agar Dagangan Jadi Laris Manis, Coba Amalkan

4. Hindari Penggunaan Telepon Kabel

Jangan menggunakan telepon kabel saat badai petir. Meskipun demikian, penggunaan telepon seluler atau nirkabel masih aman dilakukan, karena risiko tersengat listrik jauh lebih rendah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan keselamatan diri dan mengurangi risiko terkena sambaran petir saat berada di dalam ruangan selama badai petir.

Selain di dalam ruanagn anda juga harus berhati-hati ketika berada di luar ruangan. Berada di luar rumah selama badai petir memerlukan kewaspadaan ekstra.

Berikut tips aman agar terhindar dari sambaran petir ketika di luar rumah

BACA JUGA:Hukum Kredit Motor dalam Islam Halal atau Haram? Begini Penjelasan Gus Baha, Ternyata...

1. Pantau Prakiraan Cuaca Harian

Langkah pertama yang sangat penting adalah memantau prakiraan cuaca harian. Jika diperkirakan akan ada badai petir, segera tunda perjalanan atau aktivitas di luar ruangan untuk menghindari risiko yang tidak perlu.

2. Berlindung di Dalam Ruangan

Temukan tempat berlindung yang aman dan tertutup segera setelah Anda mendengar gemuruh guntur.

Tempat-tempat seperti rumah, kantor, pusat perbelanjaan, atau bahkan mobil bisa menjadi tempat yang cocok untuk berlindung dari petir.

3. Temukan Tempat Aman

Jika Anda terjebak di area terbuka, segera cari tempat perlindungan. Jika tidak ada tempat aman yang tersedia, hindari tempat-tempat tinggi seperti gunung atau bukit, karena mereka lebih rentan terhadap sambaran petir.

Kategori :