Suara Tabung Gas Kamu Bunyi Mendesis, Ngga Usah Panik, Ini Cara Mengatasi Gas LPG Bocor

Rabu 01-05-2024,23:48 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

3. Tidak Mengganti Regulator Gas dengan Teratur

Regulator gas perlu diganti secara teratur, biasanya setiap 2-3 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa regulator tetap berfungsi dengan baik.

Regulator yang telah digunakan dalam waktu yang lama mungkin telah mengalami keausan atau kerusakan, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dan bahkan dapat menyebabkan kebocoran gas.

BACA JUGA:Cara Biar Gas Elpiji Tidak Habis-habis Sampai Satu Bulan padahal Masak Tiap Hari, Ini 5 Triknya

Cara Mengatasi Tabung Gas Bocor dan Mendesis

Jika tabung gas mengeluarkan suara mendesis saat memakai kompor, penting untuk segera mengatasinya agar terhindar dari risiko kebakaran atau ledakan.

Berikut adalah langkah-langkah dan cara mengatasi tabung gas bocor dengan benar:

1. Tidak Menyalakan Api dan Listrik

Untuk menjaga keamanan rumah saat terjadi kebocoran gas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan listrik dan tidak menyalakan api.

Gas memiliki sifat mudah terbakar dan dapat berinteraksi dengan sumber api, sehingga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Matikan peralatan listrik dan hindari menggunakan sumber api di sekitar dapur.

BACA JUGA:Simpel dan Mudah tapi Bisa Bahaya, Begini Cara Pasang Tabung Gas yang Aman dan Tidak Bocor

2. Lepaskan dan Pasang Ulang Regulator Gas

Cara pertama untuk mengatasi kebocoran gas adalah dengan melepas dan memasang ulang regulator gas. Pastikan regulator terpasang rapat dengan mulut tabung gas.

Kebocoran gas sering terjadi karena klep pada bagian kepala tabung gas tidak tertutup rapat, sehingga memastikan regulator terpasang dengan baik sangatlah penting.

BACA JUGA:Mak-mak Harus Tahu, Ini Penyebab dan Tanda-tanda Tabung Gas Rawan Meledak, Waspada ya

3. Beri Seal Tambahan

Kategori :