Untuk mendukung dua sektor tadi ada sejumlah komponen yang saling menunjang, antara lain Smart Motor Generator (SMG), baterai (aki), dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Hasilnya, akselerasi awal lebih bertenaga dan halus, khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.
BACA JUGA:Simulasi Tabel Angsuran Kredit Mobil Syariah Honda Brio RS MT dengan DP Rp 36 Juta Tanpa Bunga
Manfaat SMG antara lain membuat suara mesin jadi lebih halus saat pertama kali dinyalakan. Setelah mesin menyala, generator berfungsi untuk melakukan pengisian baterai atau aki.
Sama seperti produk Yamaha lain, dalam hal efisiensi diberikan Stop dan Start System (SSS). Fitur ini dibuat untuk menghemat bahan bakar.
Sistem kerjanya, mesin mati secara otomatis ketika posisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin kembali menyala apabila handle gas diputar. Jadi bahan bakar tidak terbuang percuma. Untuk mengaktifkannya, pastikan tombol SSS di kanan setang dalam kondisi On.
5. Keamanan dan Kenyamanan Berkendara
Sektor keamanan Grand Filano menggunakan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Stand Side Switch ditujukan untuk mengurangi risiko pengendara lupa menaikkan standar samping.
BACA JUGA:Kredit Mobil Syariah Tanpa DP, Solusi Modal Minim Tapi Mau Punya Mobil, Ini Persayaratan Pinjamannya
Mesin motor bisa mati secara otomatis apabila penyangga motor diturunkan. Dan tidak dapat dihidupkan apabila belum dinaikkan.
Lalu Smart lock yang dapat menjaga posisi motor saat berada di tanjakan. Serta One Push Start buat memudahkan pengendara menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan.
Buat kenyamanan berkendara ia mengadopsi floor dek rata dan luas. Footpeg buat pembonceng bisa dilipat dan ukurannya besar serta diberikan karet, jadi secara estetika lebih rapi dan aman.
BACA JUGA:Deretan Mobil Termurah! Ini Daftar Harga Mobil LCGC April 2024 serta Kelebihan dan Kekurangannya
6. Pengendalian
Untuk penunjang dalam hal pengendalian, Grand Filano disokong sepasang ban tubeless ukuran 110/70 (depan-belakang). Urusan deselerasi pada roda depan dan belakang mengandalkan kombinasi cakram dan tromol.
Sementara peredam kejut, mengedepankan sematan umum yaitu konfigurasi tunggal di belakang dan teleskopik untuk menopang kaki depan.