Cara mengolah Daun Kopi untuk Menurunkan Kolestrol, Wajib Dicoba

Sabtu 11-05-2024,20:19 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Di samping itu, menghentikan kebiasaan merokok juga membuat kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh meningkat.

HDL dapat membantu membersihkan LDL dalam darah dan mengembalikannya di hati. Dengan begitu, kadar kolesterol akan kembali normal.

5. Mengurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan terjadinya masalah kesehatan, termasuk meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida, dan tekanan darah.

BACA JUGA:7 Khasiat Daun Pandan untuk Rambut, Solusi untuk Mengatasi Masalah Tanpa Bahan Kimia

Maka dari itu, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol dengan segera guna mencegah peningkatan kolesterol dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

6. Membatasi Asupan Makanan yang Mengandung Gula dan Lemak Jahat

Selain mengurangi risiko diabetes, membatasi asupan makanan manis juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi.

Mengonsumsi gula secara berlebih diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

BACA JUGA:Hanya Air Rebusan Daun Pandan, Namun Ini Khasiat yang Bisa Dirasakan Kaum Wanita

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan selalu memeriksa kadar gula pada label makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Selain membatasi asupan makanan manis, penderita kolesterol tinggi juga disarankan untuk menghindari makanan yang menjadi pantangan kolesterol tinggi karena mengandung lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans), seperti gorengan dan fast food.

BACA JUGA:Selain Diminum, Ini 4 Khasiat Daun Pandan untuk Campuran Air Mandi

7. Memperbanyak Asupan Serat

Makanan tinggi serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami.

Serat bermanfaat untuk mengikat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.

Kategori :