Baju Putih Selalu Tampil Seperti Baru, Ini Cara Mencuci Pakaian Putih yang Benar Agar Warnanya Awet

Minggu 19-05-2024,21:58 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Kamu sebaiknya menggunakan deterjen yang mengandung optical brighteners untuk mencuci baju putih. Kandungan tersebut bisa membuat baju semakin putih seperti baju baru. 

Kandungan optical brighteners berfungsi untuk meningkatkan cahaya biru sekaligus mencegah kadar kuning yang bisa membuat baju kusam. Namun, jangan menuangkan banyak deterjen pada baju. Sebab, deterjen berlebih bisa akan meninggalkan sisa di serat kain. 

BACA JUGA:Jangan Coba-coba Bisa Rusak, Ini Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Cuci

4. Tambahkan pemutih

Apabila kamu merasa deterjen kurang mampu membersihkan noda pada baju putih, maka kamu bisa menambahkan bahan pemutih lainnya. Bahan-bahannya pun mudah didapat karena cukup sering digunakan untuk memasak.

Kamu bisa menambahkan setengah gelas boraks atau satu gelas soda kue untuk satu kali pencucian. Bahan tersebut bisa memaksimalkan hasil cucian, sehingga baju putih tampak seperti baru. 

5. Kucek bagian tertentu pada baju

Sebelum memasukkan baju putih ke mesin cuci, kamu sebaiknya mengucek bagian tertentu yang biasa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Bagian-bagian tersebut mulai dari kerah, bagian ketiak, lipatan tangan, dan kantong pakaian. Debu dan kotoran pada bagian-bagian tersebut akan sulit dihilangkan apabila baju putih hanya dicuci menggunakan mesin cuci.

BACA JUGA:Ini Cara Mencuci Pakaian Warna Putih, Dijamin Seperti Baru Beli, Ada Bahan Tambahan Selain Deterjen

6. Gunakan Air Hangat Ketika Mencuci

Sangat dianjurkan untuk menggunakan air hangat untuk mencuci baju putih. Sebab, air hangat lebih mudah melepaskan keringat maupun kotoran yang menempel di baju. 

Selain itu, air hangat juga mampu membuat baju putih terlihat baru. Air hangat bisa mengangkat kotoran yang membuat baju terlihat kusam. 

7. Bilas dengan cuka

Untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal, kamu juga bisa membilas baju menggunakan cuka. Pasalnya, cuka bisa menghilangkan residu yang menempel pada baju. 

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka putih ke bilasan air. Setelah deterjen dipastikan lepas dari serat kain, bilas kembali baju menggunakan air hangat. 

BACA JUGA:Tidak Semua Pakaian Bisa Dicuci Dalam Mesin, Ini Jenis Pakaian Tidak Boleh Dicuci Dalam Mesin

Kategori :