Ini 3 Obat Tradisional Digigit Lipan, Sudah Banyak yang Buktikan

Jumat 24-05-2024,12:43 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Setiap bahan memiliki keunggulan tersendiri dalam menangani efek gigitan, seperti mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa jika gejala yang dialami setelah gigitan lipan sangat parah atau ada reaksi alergi yang serius, sebaiknya segera mencari bantuan medis profesional.

Obat tradisional ini bisa menjadi pertolongan pertama yang efektif, namun tetap perlu waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan komplikasi yang lebih serius.

BACA JUGA:Manfaat Daun Kelor Untuk Atasi Asam Lambung, Ikuti Tips Meraciknya Agar Jadi Teh Daun Kelor

Berikut ini beberapa pertolongan pertama digigit lipan yang bisa Anda lakukan di rumah, yakni:

1. Segeralah bersihkan luka gigitan lipan dengan air mengalir serta menggunakan sabun untuk meminimalkan risiko infeksi.

2. Rendamlah luka gigitan lipan dengan air hangat agar racun yang berbahaya dapat keluar.

3. Kompres bekas gigitan menggunakan kompres hangat.

4. Selain kompres hangat, Anda juga bisa mengompresnya dengan kompres dingin menggunakan kantong es untuk mengurangi bengkak, rasa sakit dan gatal. Lakukan hal ini setidaknya selama 10 menit hingga 20 menit.

5. Oleskan obat salep yang mengandung hidrokortison untuk meredakan rasa gatal dan nyeri.

6. Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol.

7. Konsumsi obat antihistamin apabila rasa gatal akibat gigitan lipan tidak kunjung reda

BACA JUGA:Cegah Kerusakan Mata dan Katarak, Ini Cara Menggunakan Daun Kelor sebagai Obat Cuci Mata

Apabila setelah melakukan pertolongan pertama digigit lipan ini, tetapi luka gigitan lipan tidak kunjung mereda maka sebaiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Hal yang dikhawatirkan, yaitu menyebabkan beberapa reaksi yang serius. Beberapa komplikasi  yang bisa ditimbulkan akibat gigitan lipan adalah sebagai berikut:

1. Sakit kepala yang parah
Reaksi serius akibat gigitan lipan yang pertama, yaitu sakit kepala yang parah. Hal ini dapat terjadi karena luka bekas gigitan lipan sudah terlanjur mengalami infeksi sehingga menimbulkan reaksi sakit kepala parah. Beberapa orang mungkin akan merasakan reaksi ini disertai dengan mual dan muntah.

BACA JUGA:Manfaat Daun Kelor Untuk Atasi Asam Lambung, Ikuti Tips Meraciknya Agar Jadi Teh Daun Kelor

2. Gangguan pada jantung
Luka gigitan lipan yang telah mengalami infeksi juga bisa menyebabkan masalah pada gangguan jantung. Hal ini ditandai dengan detak jantung yang berdebar kencang. Kondisi yang lebih parah dapat menyebabkan detak jantung menjadi lambat. Segeralah mencari bantuan medis apabila Anda mengalami hal tersebut.

Kategori :