3 Mitos Capung Masuk ke Dalam Rumah Malam Hari Menurut Primbon Jawa

Sabtu 25-05-2024,10:42 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Jika capung yang masuk ke rumah berwarna kuning, ini merupakan pertanda netral. Menurut Primbon Jawa, hal ini menandakan bahwa pemilik rumah akan mendapatkan kabar atau informasi yang penting dari seseorang.

Hal ini bisa berupa berita baik atau buruk, tergantung pada isi dan sumbernya.

4. Capung Masuk Rumah Berjumlah Banyak

Jika capung yang masuk ke rumah berjumlah banyak, ini merupakan pertanda baik. Menurut Primbon Jawa, hal ini menandakan bahwa pemilik rumah akan mendapatkan kemakmuran dan kemajuan dalam usaha atau karirnya.

BACA JUGA:Tabel KUR BNI 2024 Rp 50 Juta, Cicilan hanya Rp 900 Ribuan, Persyaratan Usia Maksimal 65 Tahun

Hal ini juga bisa berarti bahwa pemilik rumah akan mendapatkan banyak teman atau saudara yang baik hati dan setia.

Perlu diketahui, primbon adalah sebagai sistem ramalan yang telah dikenal sejak zaman dahulu, menempati posisi penting dalam budaya dan kepercayaan masyarakat Jawa.

Didasarkan pada perhitungan Weton Jawa, yang menggabungkan unsur-unsur astrologi dan kepercayaan lokal, Primbon bertujuan untuk memberikan wawasan tentang berbagai aspek kehidupan manusia.

Mulai dari perilaku, watak, jodoh, tata letak, arah, hingga hari yang menguntungkan atau tidak, Primbon mencoba memberikan panduan bagi individu dalam menjalani kehidupan mereka.

Sebagai bagian dari warisan budaya leluhur, Primbon telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.

BACA JUGA:Waspadai 9 Gejala Awal Kamu Bakal Kena Rematik, Pahami Penyebab dan Pengobatannya

Adat kebiasaan ini turun-temurun dilestarikan dan dihormati, karena dipercayai mampu menata keharmonisan antara manusia dengan alam.

Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keselamatan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan dalam segala aktivitas kehidupan manusia.

Masyarakat Jawa sampai saat ini masih sering menggunakan primbon untuk menentukan hari baik ataupun melihat kecocokan pasangan.

Primbon adalah buku atau kitab yang berisi ramalan. Biasanya, primbon dipakai untuk mengetahui watak seseorang, penentuan hari untuk membangun rumah, sampai penentuan hari untuk melakukan perjalanan. 

BACA JUGA:Cukup Pakai 5 Bahan Dapur Ini Untuk Meredakan Peradangan dan Gejala Rematik, Yuk Cari Tahu

Kategori :