Sekilas Mirip, Begini 10 Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Sabtu 01-06-2024,15:55 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

4. Cek Berat Material

Emas memiliki kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan kuningan. Jadi, jika kamu mencoba menimbangnya, emas akan terasa lebih berat.

Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan timbangan digital untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

5. Uji Konduktivitas Listrik

Emas memiliki konduktivitas listrik yang lebih baik dibandingkan kuningan. Jadi, jika kamu mencoba mengalirkan listrik melaluinya, emas akan lebih baik dalam menghantarkan listrik. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan alat pengukur konduktivitas listrik.

BACA JUGA:Sebelum Beli, Simak Ini Rincian Pajak Mobil Suzuki Ertiga, Mahal Gak ya?

6. Perhatikan Reaksi Kimia

Emas asli tidak akan bereaksi dengan asam kuat, sedangkan kuningan akan bereaksi dan berubah warna.

Kamu bisa mencoba meneteskan sedikit asam kuat pada emas dan kuningan, dan lihat apakah terjadi perubahan warna atau tidak.

7. Cek Bagian yang Berkarat

Emas asli tidak akan berkarat, sedangkan kuningan bisa berkarat jika terpapar oksigen dan kelembaban. Jadi, jika kamu melihat ada bagian yang berkarat, bisa dipastikan itu bukan emas asli.

8. Coba Cium Bau Material

Kuningan biasanya akan meninggalkan bau logam yang khas jika digosok, sedangkan emas asli tidak akan meninggalkan bau apapun. Kamu bisa mencoba menggosok emas dan kuningan tersebut, lalu cium baunya.

9. Periksa Tanda Pengenal

Emas biasanya memiliki tanda pengenal atau cap yang menunjukkan keasliannya, sedangkan kuningan tidak memiliki tanda pengenal tersebut. Tanda pengenal ini biasanya berupa angka yang menunjukkan kadar emas, seperti 24K, 18K, dan sebagainya.

BACA JUGA:Tetap Waspada! Ini Tips Terhindar dari Nomor Handphone Terkena Recycle

Kategori :