6 Ciri Orang Memiliki Khodam, Bisa Dilihat Mulai dari Pola Pikir hingga Kepekaan Batin

Sabtu 08-06-2024,09:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

Hukum Memiliki Khodam Dalam Islam

Khodam dapat diwariskan kepada keturunan pemiliknya selama sudah ada perjanjian sebelumnya. Misalnya, khodam di-baiat atau diikat janji oleh tuannya untuk menjaga keturunannya. Maka, khodam tersebut sering hadir untuk membantu keturunan sang tuan.

Mengutip buku Kumpulan Tanya Jawab Keagamaan oleh Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, memelihara khodam menurut Islam hukumnya boleh selama pelakunya disiplin syariat dan tidak menimbulkan dharar atau perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA:Jangan Ditantang, 5 Khodam Ini Paling Kuat, jika Sedang Marah Siapapun Pasti Takut

Hukum memiliki khodam bisa berubah jadi haram apabila pelakunya fasik atau keluar dari ketaatan kepada Allah dan RasulNya. Terlebih jika perbuatan tersebut menimbulkan dharar syar’i dan tidak memberikan manfaat sama sekali.

Larangan memelihara khodam juga disampaikan Buya Yahya dalam video YouTube berjudul “Samakah Jin Khodam dan Jin Qorin” yang diunggah di kanal pribadinya. Ia menegaskan, memelihara khodam bukanlah sesuatu yang baik, karena khawatir seorang Muslim dapat terjerumus pada hal-hal buruk.

Namun memiliki khodam tidak bisa lantas digolongkan sebagai perbuatan syirik. Sebab Nabi Sulaiman pernah meminta bantuan jin untuk memindahkan atas perintah Allah. Sebagaimana yang dikisahkan dalam surat Al-Anbiya ayat 82 berikut:

“Dan (Kami tundukkan pula kepada Sulaiman) segolongan setan-setan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mereka mengerjakan pekerjaan selain itu; dan Kami yang memelihara mereka itu.”

BACA JUGA:Cara Merebus Daging Sapi agar Empuk dan Tidak Berbau, Selain Metode 5-30-7 Tambahkan juga Bahan Ini

Seseorang yang memiliki khodam adalah dianggap memiliki kemampuan berkomunikasi dengan jin. Di Indonesia, fenomena apa itu khodam masih banyak dipercayai dan diterapkan untuk melancarkan kepentingan duniawi. 

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa apa itu khodam adalah pendamping manusia. Khodam pendamping ini bisa didapat manusia karena keturunan dan disebut berasal dari dirinya sendiri.

Dalam jurnal penelitian berjudul Komunikasi Transendental Praktisi Supranatural dengan Khodam untuk Penyembuhan Penyakit Medis dan Non Medis (2020) oleh Genik Puji Yuhanda, kemampuan manusia berkomunikasi dengan alam gaib atau jin dikenal dengan istilah pemanfaatan khodam.

BACA JUGA:Menyegerakan ke Masjid Saat Salat Jumat yang Pahalanya Setara Kurban Idul Adha, Ini Dalilnya

Sebagai informasi, adapun jenis-jenis khodam pendamping yang bisa dimiliki manusia adalah sebagai berikut:

1. Khodam Pendamping Para Raja

Khodam yang satu ini memiliki pengalaman untuk melindungi manusia yang menjadi raja di masa lalu. Karena lama menghabiskan waktu di sebelah raja, maka mereka dapat memahami tuannya.

Kategori :