Waspada! Kenali 7 Tanda HP Disadap, Begini Cara Mudah Mencegahnya

Selasa 11-06-2024,10:47 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Penggunaan data seluler yang tiba-tiba meningkat tanpa alasan jelas bisa menjadi tanda adanya perangkat lunak berbahaya yang berjalan di latar belakang.

BACA JUGA:Ini Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Bantaeng, Berapa yang Terbesar?

Dengan mengenali tanda-tanda di atas, Anda bisa lebih waspada terhadap kemungkinan penyadapan pada ponsel Anda dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi privasi Anda.

Ada beberapa cara mencegah HP disadap yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir, antara lain:

1. Deteksi penyadapan melalui beberapa kode

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda sedang digunakan oleh pihak lain, Anda bisa menggunakan kode angka yang dipencet pada tombol ponsel antara lain:  *#21# *#21## *#06#  

2. Gunakan kode rahasia untuk menghentikannya
Cara mengatasi HP disadap adalah dengan menggunakan kode #002#. Kode angka tersebut dapat menghentikan bentuk penyadapan yang sedang terjadi pada ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kode *#61# untuk mematikan tindakan penyusupan pada ponsel. Ada pula kode *#62# yang bisa dimanfaatkan untuk memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding.

BACA JUGA:Ini Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Bantaeng, Berapa yang Terbesar?

3. Perhatikan penggunaan VPN
Harap perhatikan penggunaan VPN (Virtual Private Network) pada ponsel Anda. VPN bisa mengenkripsi jaringan internet pengguna yang memicu pelaku untuk mengambil alih perangkat Anda. Bisa-bisa data Anda juga sedang ditransmisi oleh pelaku.

4. Reset ulang HP
Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah reset ulang  ponsel Anda seperti pada awal pembelian. Hal ini untuk menghindari aplikasi tersembunyi yang digunakan pelaku untuk membajak ponsel Anda.

BACA JUGA:Ini Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Bantaeng, Berapa yang Terbesar?

5. Menghubungi call center operator

Cara mengatasi HP yang disadap langsung menghubungi call center operator yang Anda gunakan. Akan tetapi, harus perhatikan apakah operator yang dihubungi benar-benar asli.

Hal ini karena pelaku bisa menggunakan identitas dari call center operator. Itulah tadi cara mengetahui HP disadap dan pencegahnnya.

Demikianlah informasi tentang waspada! kenali 7 tanda hp disadap, begini cara mudah mencegahnya. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Kategori :