Jangan Asal Beli! Begini Cara Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa

Rabu 12-06-2024,17:41 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

Daya tahan baterai adalah pertimbangan penting terutama bagi mahasiswa yang sering berpindah tempat atau bekerja secara mobile. Dengan masa pakai baterai yang cukup lama, laptop dapat digunakan tanpa harus terus mencari sumber daya listrik. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop RAM 16 GB, Cocok Buat Design, Programming dan Gaming

Evaluasi kebutuhan pribadi dan pola penggunaan untuk menentukan apakah diperlukan laptop dengan daya tahan baterai minimal 7-8 jam, atau bahkan lebih. 

Ulasan dari pengguna yang sebelumnya telah menggunakan laptop tersebut dapat menjadi referensi yang berguna dalam menilai daya tahan baterai secara objektif.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop Mulai Rp 2.5 Jutaan RAM 8 GB Spek Bagus, Siapa yang Gak Terpikat?

6. Cek Jumlah Port

Ketersediaan port yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan pengguna adalah hal yang penting untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari. Port USB, termasuk USB-C dan USB-A, diperlukan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti hard drive eksternal, mouse, atau keyboard. 

BACA JUGA:Inilah 4 Rekomendasi Laptop Lenovo Rp 3 Jutaan, Baterai Teruji Hemat dengan Prosesor Gahar

Selain itu, keberadaan jack audio/mikrofon/headset juga diperlukan untuk komunikasi dan hiburan. Menyesuaikan jumlah dan jenis port dengan kebutuhan pribadi dapat meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas penggunaan laptop.

BACA JUGA:Laptop Gaming Colourful Hidden Star G15 2024 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Nah, itulah cara memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa. Sebagai informasi tamabahan berikut ini rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang ramah di kantong dengan spesifikasi terbaik.

1. Lenovo IdeaPad Slim 3i

Harga Lenovo IdeaPad Slim 3i mulai dari Rp5,1 jutaan sampai Rp8,8 jutaan. IdeaPad Slim 3i termasuk ke dalam kelompok entry-level.

Laptop ini memiliki RAM sebesar 8 GB dan media penyimpanan SSD-nya hingga 512 GB. Ruang simpan dan RAM yang besar cukup membantu Anda mengerjakan seluruh pekerjaan kuliah, kan.

BACA JUGA:Tablet Rasa Laptop Huawei Harga Rp 5 Jutaan, Entry-level yang Cocok untuk Pelajar Hingga Profesional!

2. Zyrex Notebook Sky 232

Kategori :