Rincian Dana Desa Kota Langsa 2024, Begini Detail Pembagian Anggaran untuk 66 Desa, Cek Desamu!

Jumat 14-06-2024,10:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

3. Mangrove Forest Park

Salah satu wisata alam di Langsa adalah Wisata Hutan Mangrove Kota Langsa atau disebut juga dengan nama Mangrove Forest Park. Destinasi ini pernah terpilih sebagai Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia 2019 Kategori Ekowisata Terpopuler dan Juara Terfavorit Untuk Semua Kategori Anugerah Pesona Indonesia 2019 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Kawasan Hutan Mangrove yang terletak di kilometer 10 Kuala Langs. Hutan ini sangat indah, rimbunan pohon bakau atau mangrove terbentang luas di atas lahan rawa pesisir Kuala Langsa ini. Aneka ragam pohon mangrove di hutan mangrove ini adalah salah satu yang terlengkap di dunia.

Ada jalan setapak di dalam hutan mangrove sehingga pengunjung bisa masuk ke dalam hutan mangrove dengan sangat nyaman. Pengunjung bisa merasakan sensasi dan sejuknya suasana hutan mangrove yang mungkin tidak bisa didapatkan di kota lain di Aceh.

BACA JUGA:Diberikan Berbeda, Simak Rincian Dana Desa Kabupaten Aceh Besar 2024 untuk Masing-masing Desa

4. Gedung Balee Juang

Balee Juang adalah gedung peninggalan kolonial Belanda dengan desain arsitektur ala kolonial yang kental. Gedung ini telah ada sejak 920. Ketika itu bernama Het Kantoorgebouw Der Atjehsche Handel-Maatschappij Te Langsar.

Gedung semacam ini hanya ada di Aceh saja ketika itu yaitu di Kuta Raja dan di Kota Langsa. Balai Juang direbut oleh pejuang-pejuang kemerdekaan untuk dijadikan sebagai tempat perkumpulan para pejuang kemerdekaan pada masa itu. 

Gedung ini juga pernah digunakan sebagai kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Timur, sebelum daerah itu mekar dari Aceh Timur menjadi kota Langsa pada 2001. Gedung Balee Juang diresmikan menjadi Museum Kota Langsa oleh Wali kota Langsa Tgk. Usman Abdullah, SE pada 22 Januari 2019.

Demikianlah informasi mengenai rincian dana desa Kota Langsa 2024 untuk setiap desanya berserta hal-hal menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Nutri Septiana

Kategori :