Rakyat Sumatera Utara Bisa Kaya, Ini Lokasi Harta Karun Emas hingga Minyak Bumi Diincar Banyak Orang

Jumat 21-06-2024,11:27 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Selain itu, para penambang rakyat juga terpapar risiko keselamatan dan kesehatan yang tinggi, karena mereka sering bekerja di lingkungan yang berbahaya dan tanpa perlindungan yang memadai.

Meskipun demikian, pertambangan rakyat masih menjadi sumber penghasilan yang penting bagi banyak keluarga di Sumatera Utara. 

Tak hanya pertambangan, adapun beberapa sumber daya alam yang lain yang menjadi mata pencaharian Masyarakat Sumatera Utara yakni.

1. Pertanian dan Perkebunan

Provinsi Sumatera Utara terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunannya, terutama perkebunannya yang menjadi komoditas utama perekonomian Sumatera Utara. 

Banyak perkebunan di sini yang dikelola oleh perusahaan baik swasta maupun BUMN.

Beberapa hasil perkebunan utama yang dihasilkan adalah padi, karet, coklat, kelapa sawit, teh, jagung, kopi, cengkeh, kayu manis, kelapa, dan tembakau. 

BACA JUGA:224 Desa di Kabupaten Purbalingga Diguyur Dana Desa 2024, Segini Rincian untuk Per Desa

Selain itu, Sumatera Utara juga menghasilkan berbagai komoditas hortikultura seperti jeruk medan, jambu deli, kol, tomat, kentang, dan wortel.

Adapun daerah pertanian dan perkebunan yang paling luas berada di Deli Serdang, Langkat, Simalungun, Labuhanbatu, Asahan, Tanah Karo dan juga Tapanuli Selatan. 

Hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari Sumatera Utara banyak yang di ekspor sehingga memberi sumbangan bagi devisa negara.

2. Perikanan dan Kelautan

Perikanan dan kelautan di Sumatera Utara dikembangkan di 3 wilayah, yaitu:

- Di wilayah Pantai Barat

- Di wilayah Pantai Timur

- Di dataran tinggi.

Kategori :