Info Loker Lulusan S1 Hari Ini! Sinar Mas Mining Buka Lowongan Kerja untuk Wilayah Jakarta dan Kalimantan

Sabtu 29-06-2024,13:30 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Pastikan kamu menunjukkan sikap yang menggambarkan aura positif dan percaya diri di hadapan perekrut. Bahasa tubuh hingga sikapmu ketika berbicara dapat menentukan penilaian perekrut terhadap dirimu. 

Pastikan kamu menyapa atau memberi salam ketika masuk ruangan, kemudian duduk dengan posisi tegak, namun tidak terlalu kaku atau tegang. Perhatikan caramu berbicara serta bersikaplah dengan sopan dan profesional. 

Jangan sampai kamu berbicara dengan nada yang memaksa, atau terkesan ragu-ragu ketika menjawab setiap pertanyaan. 

Pastikan juga untuk menunjukkan antusiasme dalam menjawab, buktikanlah bahwa kamu adalahtalentyang tertarik dan siap berkontribusi untuk tumbuh kembang perusahaan melalui posisi pekerjaan ini.

BACA JUGA:Cair! 62 Desa di Kabupaten Majene Terima Anggaran DD 2024, Segini Rincian untuk Setiap Desanya

7. Jangan menjawab jika belum mengerti

Jika perekrut menyebutkan pertanyaan yang tidak kamu mengerti, cobalah untuk tidak panik dan asal menjawab pertanyaan tersebut. Pikirkan dan proses pertanyaan itu dengan perlahan sebelum menjawabnya. 

Jangan takut untuk berinisiatif bertanya kembali kepada perekrut apakah pertanyaan yang dimaksud sesuai dengan pemahamanmu. 

Dengan ini, kamu dapat memberikan jawaban dengan baik sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan oleh sang perekrut. Jangan lupa juga untuk mengecek beragam pertanyaan yang sering muncul di tahap wawancara kerja.

8. Menjawab dengan jujur dan jelas

Dalam kesempatan ini, cobalah untuk memberikan jawaban yang jujur, terstruktur, dan jelas. 

Artinya, janganlah menjawab hanya dengan kata “ya” atau “tidak” tetapi, berikanlah informasi atau penjelasan tambahan yang berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan. 

BACA JUGA:Rincian Dana Desa di Kabupaten Pasangkayu Tahun 2024, Desa Mana dengan Anggaran Terbesar?

Misalnya, jika perekrut menanyakan kemampuan team workmu, maka berikanlah informasi tambahan seperti pendapatmu tentang teamwork yang ideal, pengalamanmu bekerja sama dengan rekan kerjamu, serta pencapaian yang kamu dapatkan dari kerja sama tersebut.

Dengan memberikan jawaban yang jujur sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki beserta contohnya, perekrut akan lebih mudah mendapatkan gambaran jelas dari maksud keseluruhan jawabanmu.

9. Ajukanlah pertanyaan

Kategori :