Dengan mengisi data berupa Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan nama ibu kandung sesuai data Dapodik, lalu klik kotak I'm not a robot, klik Cari Data.
Lalu, lengkapi formulir verifikasi seperti isian Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), nama peserta didik, dan NIK.
Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud
Setelah semua proses cara daftar PIP Kemdikbud selesai. Siswa dapat mengecek status penerima PIP kemdikbud melalui laman resmi pip.kemdikbud.go.id. Berikut cara cek penerima PIP kemdikbud:
- Kunjungi laman resmi pip.kemdikbud.go.id.
- Pada menu Beranda PIP Kemdikbud, akan terlihat fasilitas Cari Penerima PIP saat menggeser kursor ke bawah.
- Masukkan NISN, tanggal lahir, serta nama ibu kandung.
- Klik Cari, nama siswa penerima PIP Kemdikbud akan langsung muncul pada laman hasil pencarian. Jika tidak ada maka yang bersangkutan belum menerima bantuan tersebut.
BACA JUGA:Daftar Bansos yang Akan Cair Juni 2024 dari PKH Hingga PIP, KPM Wajib Simak
Cara Mencairkan Dana Bantuan PIP Kemdikbud
Setelah siswa dinyatakan sebagai salah satu penerima PIP Kemdikbud, langkah berikutnya adalah mencairkan dana bantuan PIP Kemdikbud, yang dapat dilakukan secara mandiri dan kolektif oleh siswa yang bersangkutan.
BACA JUGA:Sebelum Masuk Tol, Ikuti Dulu 6 Langkah Cara Cek Saldo Kartu Tol Brizzi Lewat HP
Cara mencairkan dana bantuan PIP Kemdikbud secara kolektif akan dibantu oleh pihak sekolah atau dinas pendidikan, sedangkan pencairan dana bantuan PIP Kemdikbud secara mandiri dapat dilakukan oleh siswa dan orangtua secara langsung di Bank yang bekerja sama dengan panitia PIP Kemdikbud.
BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2024, Cek Desa yang Mendapatkan Dana Paling Kecil
Untuk pencairan dana bantuan PIP Kemdikbud secara mandiri, siswa dapat mengikuti langkah mudah berikut ini:
- Datang ke bank yang sudah bekerja sama dengan panitia PIP Kemendikbud
- Membuat surat keterangan aktivasi rekening dari sekolah
- Siapkan identitas KTP/Kartu pelajar baik siswa atau wali siswa.
- Mengisi formulir pembuatan rekening SIMPEL PIP