Cara Daftar Bantuan UMKM Online 2024, Lengkapi Syaratnya Dana Cair

Selasa 09-07-2024,14:42 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

1. Syarat Umum

Untuk memenuhi syarat umum dalam pendaftaran bantuan UMKM online, kamu harus memastikan bahwa kamu berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.

Selain itu, kamu juga harus memiliki usaha yang masuk dalam kategori mikro, kecil, atau menengah, serta wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai tanda identitas usaha yang sah secara hukum.

Kriteria terakhir adalah memiliki rekening bank atas nama usaha yang bertujuan untuk memastikan transparansi dalam penyaluran dana bantuan.

BACA JUGA:Korupsi Dana KUR, Eks Marketing BRI Unit Tes Lebong Divonis 3,5 Tahun Penjara dan Denda Rp 300 Juta

2. Syarat Khusus

Dalam kategori syarat khusus, kamu perlu memperhatikan beberapa poin penting, yaitu kamu harus memastikan bahwa usahamu sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Koperasi dan UKM.

Selanjutnya, omzet usaha harus berada di bawah Rp 2,5 miliar per tahun, dan jumlah karyawan tidak boleh melebihi 50 orang.

Syarat-syarat khusus ini diterapkan untuk memastikan bahwa bantuan lebih tepat sasaran sesuai dengan skala dan kondisi usaha yang dijalankan.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Tahun Ini Perangkat Desa Diusulkan Menjadi Kriteria PPPK, Pendapatannya Lebih Besar

3. Dokumen yang Diperlukan

Untuk melengkapi pendaftaran, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen penting. Dokumen pertama adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai penunjuk identitas personal yang terkait langsung dengan kepemilikan usaha.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) juga harus disertakan untuk memastikan kewajiban perpajakan terpenuhi.

Selain itu, Surat Izin Usaha Mikro/Kecil/Menengah (SIUP) dan Surat Tanda Daftar Perusahaan (STDP) menjadi dokumen legalitas yang wajib dimiliki untuk memastikan bahwa UKMK kamu bersifat resmi.

Dokumen terakhir yang dibutuhkan adalah rekening bank atas nama usaha untuk memastikan penyaluran dana bantuan sesuai dengan ketentuan.

BACA JUGA:7 Game Penghasil Uang 2024, Langsung Cair ke Saldo DANA dan GoPay

Kategori :