Ini Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Wanita, Simak Cara Mengonsumsinya

Rabu 10-07-2024,15:05 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Daun jeruk purut memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Bagi wanita yang sering mengalami masalah gigi dan gusi, berkumur dengan air rebusan daun jeruk purut dapat membantu mencegah infeksi dan menjaga kesehatan mulut.

BACA JUGA:Tahap Perbaikan, Pasangan Riri-Ujang Wajib Kumpulkan Ulang 938 Lembar KTP Dukungan

Cara Menggunakan Daun Jeruk Purut

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun jeruk purut, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba:

1. Teh Daun Jeruk Purut

Salah satu cara paling mudah untuk mengonsumsi daun jeruk purut adalah dengan membuat teh. Rebus beberapa lembar daun jeruk purut dalam air selama 5-10 menit, kemudian saring dan minum. Teh ini dapat diminum hangat atau dingin, sesuai selera.

2. Masker Wajah Alami

Untuk merawat kulit wajah, kamu bisa membuat masker alami dari daun jeruk purut. Haluskan beberapa lembar daun jeruk purut, campur dengan sedikit air atau madu, lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Tahap Perbaikan, Pasangan Riri-Ujang Wajib Kumpulkan Ulang 938 Lembar KTP Dukungan

3. Bilasan Rambut

Rebus beberapa lembar daun jeruk purut dalam air, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membilas rambut setelah keramas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas ketombe.

Bukti Ilmiah Khasiat Daun Jeruk Purut

Banyak penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan dari daun jeruk purut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa ekstrak daun jeruk purut memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur yang kuat, yang efektif dalam melawan berbagai jenis bakteri dan jamur patogen .

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa senyawa dalam daun jeruk purut dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang berguna bagi wanita yang berisiko terkena diabetes .

Kategori :