Mengulik Sejarah Boneka Barbie yang Dikenal hingga ke Seluruh Dunia

Senin 15-07-2024,11:26 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mengulik sejarah boneka Barbie yang dikenal hingga ke seluruh dunia.

Boneka Barbie nggak cuma ikonik, tapi juga udah jadi bagian dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Dari anak-anak sampai orang dewasa, Barbie selalu punya tempat di hati mereka.

Nah, kali ini kita bakal bahas sejarah boneka Barbie dan perbedaannya dengan boneka palsu yang sering muncul di pasaran.

BACA JUGA:Debitur Kredit Mobil Meninggal Dunia, Apakah Cicilannya Lunas? Ini Ketentuan yang Berlaku

Boneka Barbie pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American Toy Fair di New York City.

Dengan tinggi sebelas inci dan rambut pirang panjang, Barbie langsung mencuri perhatian. Boneka ini adalah mainan pertama yang diproduksi secara massal di Amerika Serikat dengan fitur dewasa.

Ruth Handler, pencipta Barbie yang juga mendirikan Mattel, Inc. bersama suaminya pada tahun 1945, terinspirasi setelah melihat putrinya, Barbara, lebih suka bermain dengan boneka kertas wanita dewasa daripada boneka bayi. Handler kemudian menyadari ada kesempatan besar di pasar mainan untuk boneka seperti itu.

Penampilan Barbie dimodelkan pada boneka bernama Lilli, yang diambil dari karakter komik strip Jerman.
Boneka Lilli awalnya dipasarkan sebagai hadiah lelucon untuk pria dewasa di toko tembakau, tetapi kemudian menjadi sangat populer di kalangan anak-anak.

Mattel kemudian membeli hak untuk Lilli dan membuat versinya sendiri yang dinamai Barbie, diambil dari nama putri Handler.

BACA JUGA:Nasabah Meninggal Saat Cicilan KPR Berjalan, Siapa yang Bayar? Berikut Penjelasannya

Evolusi Barbie

Sejak pertama kali diperkenalkan, Barbie telah mengalami banyak perubahan. Pada tahun 1961, Mattel meluncurkan pacar Barbie yang dinamai Ken, diambil dari nama putra Handler.

Sahabat Barbie, Midge, muncul pada tahun 1963, dan adiknya, Skipper, memulai debutnya pada tahun berikutnya.

Barbie juga telah diperkenalkan dengan berbagai etnis, kebangsaan, dan pekerjaan. Pada tahun 1980, Barbie kulit hitam dengan rambut keriting afro dan gaun merah delima diperkenalkan.

Mattel juga telah memperkenalkan boneka dengan ukuran dan kecacatan tubuh yang lebih realistis, seperti Barbie botak, memakai jilbab, memiliki kaki palsu, vitiligo, atau menggunakan kursi roda.

Kategori :