Ini Deretan Orang Indonesia yang Pernah Pecah Rekor Dunia, No 1 Juara All England 7 Kali Berturut-turut

Senin 15-07-2024,13:28 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Nama lifter asal Lampung, Eko Yuli Irawan, harum dan dikenal dunia sebagai atlet angkat besi sukses asal Indonesia. Ia berhasil membawa pulang medali perak untuk Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.
Prestasi di ajang Olimpiade ini bukanlah yang pertama bagi Eko. Total, ia sudah mendapatkan 4 medali pada 4 Olimpiade berturut-turut.

Di Beijing 2008, Eko memboyong medali perunggu di kelas 56 kg. 4 tahun berselang, ia juga berhasil unjuk gigi dan membawa pulang medali perunggu di Olimpiade London. Selanjutnya, Eko turut membawa medali perak bagi Indonesia pada Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016.

5. Liliyana Natsir

Pemain bulu tangkis di nomor ganda campuran, Liliyana Natsir juga tercatat dalam Hall of Fame BWF pada 2022 lalu. Atlet asal Manado yang akrab disapa Butet itu berhasil memboyong medali emas di Olimpiade Rio 2016 bersama pasangannya, Tontowi Ahmad.

Ia juga dinobatkan sebagai atlet ganda campuran paling sukses di Indonesia, dengan 4 gelar juara dunia. Bersama Nova Widianto, Butet menyabet gelar juara dunia di tahun 2005 dan 2007.

Sementara itu, bersama Tontowi, Butet menjuarai kejuaraan dunia pada tahun 2013 dan 2017. Butet memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis pada tahun 2019, bersamaan dengan partai final Indonesia Masters.

Demikianlah informasi mengenai orang Indonesia yang pernah pecah rekor dunia, berserta atlet lainya. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :