Bukan Sembarangan, Ini 5 Alasan Kenapa Makam China Ukurannya Besar

Selasa 16-07-2024,11:56 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bukan sembarangan, ini 5 alasan kenapa makam China ukurannya besar.

Makam warga China umumnya berukuran besar, megah, dan memiliki ciri khas serta gaya arsitektur tersendiri. Mengapa demikian? Yuk, temukan jawabannya di sini!

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi Kuburan China Terbesar di Indonesia, Luasnya Tembus 27 Hektar

Makam Tionghoa bisa diketahui hanya dengan melihat bentuk dan gayanya yang unik. Tidak jarang makam tersebut dihiasi pula oleh tangga serta mausoleum atau bangunan pelindung.

Terdapat makna yang terkandung mengapa makam Tionghoa kerap kali berukuran besar dan megah.

Konon mereka percaya bahwa orang yang meninggal dunia bakal berpindah tempat ke dunia lain, yaitu dunia bawah yang diyakini mirip dengan dunia manusia ketika masih hidup.

Mengutip dari indozone.id dan travel.kompas.com, terdapat beberapa alasan kenapa makam China ukuran yang besar. Alasan-alasan ini terkait dengan budaya, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Tionghoa.

BACA JUGA:Daftar 10 Bank Terbesar di Dunia 2024 Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Siapa Nomor 1?

Alasan Kenapa Makam China Ukurannya Besar

Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut:

1. Makam yang Besar sebagai Tempat untuk Menaruh Sajian

Salah satu alasan utama mengapa makam China memiliki ukuran yang besar adalah untuk menaruh sajian.
Dalam budaya Tionghoa, ada keyakinan bahwa setelah seseorang meninggal, rohnya akan berpindah ke dunia lain yang mirip dengan dunia manusia ketika masih hidup.

Oleh karena itu, orang-orang Tionghoa percaya bahwa mereka yang telah meninggal masih memerlukan uang dan barang-barang lainnya di alam baka.

Makam yang besar dan luas berfungsi sebagai altar tempat menaruh sajian berupa benda-benda yang telah dibakar atau makanan yang disukai oleh mendiang.

Sajian-sajian ini tidak hanya meliputi makanan, tetapi juga barang-barang lain seperti pakaian, peralatan, dan uang kertas yang semuanya dibakar sebagai persembahan.

Kategori :