Tagihan Listrik Melonjak? Begini Cara Cek Kebocoran Listrik di Meteran

Rabu 17-07-2024,09:49 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tagihan listrik melonjak? begini cara cek kebocoran listrik di meteran.

Tagihan listrik yang tiba-tiba naik bisa menjadi tanda adanya kebocoran listrik. Apakah listrik rumah bisa bocor? Tentu saja bisa, bahkan kasus ini cukup umum terjadi di masyarakat.

BACA JUGA:Begini Cara Pembagian Warisan yang Benar Menurut Islam dan Negara

Kebocoran listrik tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga dapat menjadi ancaman keamanan. Jika terjadi kebocoran listrik, beban biaya bulanan Anda akan terus membengkak, dan jika dibiarkan tanpa penanganan, ini bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada instalasi listrik di rumah Anda.

Untuk mencegah pemborosan terus-menerus, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi kebocoran tersebut. Artikel ini akan memberi penjelasan lebih lanjut mengenai cara mendeteksi kebocoran listrik dan cara mengatasinya.

BACA JUGA:Cara Mencuci Pakaian Menurut Islam, Mulai dari Pakaian Terkena Haid hingga Penggunaan Air

Apa Itu Kebocoran Listrik?

Kebocoran listrik adalah kondisi ketika arus listrik mengalir dari suatu rangkaian, baik DC maupun AC, pada suatu perangkat menuju ke ground (tanah).
Kondisi ini bisa terjadi karena hubungan yang tidak disengaja antara arde (ground) dan bagian atau konduktor yang berenergi.

Sederhananya, kebocoran listrik terjadi saat arus listrik tidak mengikuti jalur yang sudah ditentukan, melainkan mengalir ke tanah atau benda yang terhubung dengan tanah.

Tanah berfungsi sebagai titik referensi tegangan nol atau bumi. Idealnya, arus dari unit catu daya mengalir dalam sambungan arde untuk kemudian masuk ke instalasi arde. Namun, kekurangan bahan penyusun elemen kapasitor dan semikonduktor dapat menyebabkan kebocoran.

Kondisi ini juga dikenal sebagai ground leakage atau ground fault. Kebocoran ini harus diwaspadai di rumah karena dapat menyebabkan risiko kebakaran dan kerusakan pada peralatan listrik.

BACA JUGA:Jangan Menyimpan Benda Berikut di Dalam Kamar Mandi, Demi Kesehatan dan Kenyamanan Keluarga

Cara Mengecek Kebocoran Listrik

Salah satu cara untuk mendeteksi kebocoran listrik adalah dengan memeriksa meteran listrik Anda. Pada kWh meter prabayar, Anda dapat menggunakan kode 44 untuk mengecek arus atau ampere yang mengalir, baik di penghantar fase maupun netral.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Kategori :