Jika Dihapuskan, Lalu Apa Pelajaran Pengganti Jurusan IPA, IPS dan Bahasa?

Jumat 19-07-2024,11:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jika dihapuskan, lalu apa pelajaran pengganti jurusan IPA, IPS dan Bahasa?

Sejak diberlakukannya Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2024/2025, sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. 

Diketahui, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan konten yang beragam agar siswa dapat lebih optimal dan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

BACA JUGA:Siap-siap Kebijakan Baru BBM Subsidi, Ini Daftar dan Jenis Mobil Boleh Pakai Subsidi Solar-Pertalite

Kurikulum Merdeka pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 dan bersifat opsional. Artinya, sekolah bisa memilih untuk mengadopsi Kurikulum Merdeka, atau tetap pada Kurikulum 2013.

Dilansir dari Liputan6.com, salah satu perubahan terbesar dengan adanya Kurikulum Merdeka ini adalah dihapusankannya jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di tingkat SMA. 

Keputusan ini menandai langkah revolusioner menuju pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif. Namun, hal yang kemudian muncul menjadi pertanyaan adalah jika tidak ada jurusan khusus, apa yang akan dipelajari oleh siswa SMA?

BACA JUGA:Alasan Jurusan IPA, IPS dan Bahasa di SMA Dihapus Kemendikbud, Apa Penggantinya?

Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, siswa SMA dihadapkan pada tantangan baru dalam menentukan pilihan pendidikan mereka. 

Dalam konteks ini, fokus tidak lagi hanya pada pembagian tradisional antara ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial, atau bahasa.

Sebaliknya, ada penekanan yang lebih besar pada pengembangan keterampilan lintas disiplin dan pemahaman yang menyeluruh terhadap berbagai aspek kehidupan. 

Selain itu, bagaimana cara sekolah mempersiapkan siswa untuk masa depan yang kompleks dan beragam, juga menjadi pertanyaan penting dalam transisi ini. 

BACA JUGA:Apakah Innova Diesel Boleh Dipakaikan Solar Subsidi? Begini Petunjuknya agar Lebih Amannya

Lalu, mengenai pertanyaan apa yang akan menjadi pengganti jurusan IPA, Ipas dan Bahasa? Begini penjelasan dari pihak Kemendikbud

Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka sejak kurikulum prototipe, ada perubahan mendasar dalam struktur pendidikan SMA di Indonesia. Salah satu aspek yang paling mencolok adalah penghapusan jurusan tradisional seperti IPA, IPS, dan Bahasa. 

Kategori :