Ini Jenis Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan untuk Pelaku UMKM, Bunga Rendah

Minggu 21-07-2024,16:15 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

1. Kredit tanpa agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan didapatkan dari lembaga keuangan perbankan maupun teknologi finansial.
Penawaran ini cukup sering dicari oleh para pelaku usaha bagi mereka yang tidak menginginkan memberikan jaminan sehingga operasional bisnis bisa berjalan lancar.

Meskipun prosesnya cukup terbilang tidak begitu rumit, namun beberapa prosedur tetaplah penting untuk dipenuhi oleh pelaku usaha.

Misalnya ketika Anda mengajukan pinjaman ini kepada bank, maka pihak perbankan akan membawa Anda untuk mengikuti beberpa tahapan seperti wawancara dan BI checking.

Meskipun demikian, terdapat suku bunga yang beragam dari adanya KTA yang berkisar antara 0,65% sampai 2,5% per bulan. Jika Anda ingin melakukan pinjaman usaha tanpa jaminan dan bebas bunga, maka provider teknologi finansial bisa menjadi pertimbangan.

BACA JUGA:Simulasi Kredit Toyota Calya DP Rp 9 Jutaan, Cicilan Ringan dan Tenor Panjang

2. Kredit usaha rakyat (KUR)

KUR merupakan bagian dari pinjaman UMKM tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan perbankan. Limit pinjaman dana ini cukup bervariasi dari setiap perbankan yang menawarkan.

Jangka waktu pembayaran yang diberikan berkisar antara 3 hingga 5 tahun atau bahkan lebih yang tergantung dari kebijakan setiap bank, termasuk kredit jangka panjang bisnis.

Kemudian, bunga yang diberikan terbilang cukup ringan yakni 6 persen per tahun.

3. Koperasi simpan pinjam (KSP)

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan koperasi tanpa jaminan untuk mendanai bisnis. Tujuan koperasi sendiri yaitu mensejahterakan para anggota dan masyarakat pada umumnya, berdasarkan asas kekeluargaan.

Lengkapi segala persyaratan yang diminta seperti KTP, NPWP dan lain-lain yang bisa dicek di situs terkait.
Selain itu biasanya diharuskan menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Sedangkan jumlah nominal, tenor dan bunga juga bervariasi, tergantung dari setiap koperasi.

BACA JUGA:Simulasi Kredit Honda Brio DP Rp 10-20 Jutaan! Cicilan Ringan, Ini Tenor Maksimalnya

4. P2P lending

P2P lending juga dapat menjadi jenis pertimbangan bisnis untuk memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan. P2P sendiri adalah pinjaman yang dilakukan secara online melalui teknologi finansial peer-to-peer (P2P) lending.  

Kategori :