Kemenkes RI Kirim 4 Unit Ambulans ke Seluma

Senin 22-07-2024,11:15 WIB
Reporter : Hari Adiyono
Editor : Septi Fitriani

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Kementerian Kesehatan RI akhirnya merespon usulan Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, yang saat ini membutuhkan kendaraan operasional berupa ambulans yang representatif untuk Puskesmas.

BACA JUGA:Ini Besaran Gaji PPPK Berdasarkan Golongan, Bisa Tembus Rp 6 Jutaan

Kepala Dinkes Seluma, Rudi Syawaludin mengatakan 4 unit kendaraan ambulans tersebut total anggarannya Rp 3 miliar, dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan RI. Per unitnya mobil tersebut menelan anggaran sebesar Rp 750 juta.


Kepala Dinkes Seluma, Rudi Syawaludin--

Saat ini ambulans berada di gudang penyedia dan siap disalurkan. Rencananya mobil tersebut akan disalurkan bertepatan dengan momen upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79.

BACA JUGA:Cair Lagi Bansos PKH Juli-Agustus 2024 ke Rekening KPM, KTP Kriteria Ini Tidak Lagi Terdaftar Sebagai KPM

“Iya, Alhamdulillah untuk 4 unit ambulansnya saat ini sudah berada di gudang penyedia dan tinggal menunggu petunjuk pimpinan untuk disalurkan. Insya Allah kita bagikan seusai upacara HUT RI pada Agustus mendatang,” tutur Rudi Syawaluddin.

Lanjutnya, keempat unit mobil ambulans tersebut berjenis double gardan, sehingga memang sesuai dengan wilayah tugasnya, lantaran medan jalan yang ditempuh untuk menjangkau wilayah pedalaman, dan memiliki rintangan ekstra, mulai dari jarak yang jauh hingga infrastruktur jalan layaknya off road.

BACA JUGA:Cair Lagi 4 Bantuan Sosial untuk KPM di Bulan Juli hingga September 2024, Apa Saja?

"Ini merupakan salah satu usulan kita yang disetujui, pertimbangan kami mengapa harus double gardan, karena sesuai dengan medan jalan yang akan ditempuh oleh mobil ambulance tersebut," ungkapnya.

Ke empat Puskesmas yang akan menerima empat unit mobil ambulance tersebut yakni Puskesmas Ulu Talo, Puskesmas Puguk dan Puskesmas Dusun Tengah, dan Puskesmas Babatan.

BACA JUGA:DP dan Angsuran Kredit Mobil Avanza, Cicilan Terjangkau dan Tenor hingga 5 Tahun

"Iya salah satunya Puskesmas Babatan, karena wilayah jangkauannya hingga ke Desa Kuti Agung yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah," ucap Rudi.

Untuk diketahui, sebelumnya pada tahun lalu, Dinkes Seluma juga telah menerima 8 unit mobil ambulans merk Toyota Avanza yang diberikan kepada 8 Puskesmas, yakni Puskesmas Muara Maras, Puskesmas Pajar Bulan, Puskesmas Talang Tinggi, Puskesmas Penago Dua, Puskesmas Tais, Puskesmas Riak Siabun, Puskesmas Tumbuan dan terakhir Puskesmas Air Periukan. 

BACA JUGA:Cair Lagi PKH Tahap 3 Juli 2024, Simak Prediksi Jadwal Pencairannya di Sini

Kategori :