Heboh Soal JIS, Ini 3 Jenis Rumput Lapangan Bola Terbaik Sesuai Standar FIFA

Rabu 24-07-2024,11:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Heboh soal JIS, ini 3 jenis rumput lapangan bola terbaik sesuai standar FIFA.

Lapangan sepak bola yang berkualitas memiliki dampak signifikan tidak hanya pada performa pemain, tetapi juga perawatan dan keawetan lapangan. 

FIFA sebagai badan pengatur sepak bola internasional, telah menetapkan beberapa standar untuk jenis rumput yang dapat digunakan di stadion. 

BACA JUGA:Saksi Ungkap Fakta Eks Gubernur Malut Habiskan Uang Rp 3 M untuk Sewa Wanita, Sekali Kencan Tarifnya Segini

Pemilihan rumput yang tepat memastikan lapangan tetap dalam kondisi optimal, mendukung kualitas permainan, dan meminimalisasi kebutuhan perawatan yang intensif. 

Seperti diketahui, belakangan ini persoalan jenis rumput untuk lapangan sepak bola sedang menjadi topik hangat di Indonesia, utamanya jelang pagelaran Piala Dunia U17 yang direncanakan akan bergulir pada November sampai Desember tahun 2024 ini.

Persoalan ini menyeruak setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa rumput Jakarta International Stadium (JIS) salah satu venue turnamen tidak memenuhi standar FIFA.

Sebenarnya rumput JIS menggunakan rumput hybrid yang merupakan perpaduan antara rumput sintetis dengan rumput alami. Campuran rumput serta ketebalannya JIS sendiri disebut merupakan rekomendasi FIFA.

Jika sesuai rekomendasi, lalu apa yang membuat rumput stadion yang berlokasi di Jakarta ini bermasalah?

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024, Menanti Calon Lawan Indonesia

Standar Rumput Lapangan Sepak Bola dari FIFA

FIFA sendiri sudah memberikan panduan jenis rumput yang dapat digunakan di stadion. Adapun tiga jenis rumput yang direkomendasikan adalah:

1. 100 persen rumput alami

2. Pitch hybrid (serat sintetis ditambahkan ke rumput alami untuk tujuan penguatan)

3. 100 persen rumput sintetis (buatan)

Kategori :