Daftar Kerajaan yang Pernah Ada di Bengkulu, Sebelum Era Kolonialisme

Kamis 25-07-2024,14:13 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Daftar kerajaan yang pernah ada di Bengkulu, sebelum era kolonialisme.

Selain Kerajaan Rejang Empat Petulai yang merupakan kerajaan tertua di Bengkulu, ternyata terdapat beberapa kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Provinsi Bengkulu sebelum masuknya era kolonialisme.

BACA JUGA:7 Game Penghasil Uang, Bisa Langsung Cair ke Rekening, Silakan Unduh

Mengutip dari buku Sejarah Sosial Daerah Kota Bengkulu, terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional 1984, terdapat kerajaan-kerajaan lain yang pernah berkuasa di Provinsi  Bengkulu.

Lalu, apa saja kerajaan yang pernah ada di Bengkulu? Simak sejarahnya berikut.

Sejarah Berdirinya Bengkulu

Bengkulu merupakan provinsi yang terletak di pulau Sumatera. Ibu kota Provinsi Bengkulu berada di  Kota Bengkulu. Latar belakang penamaan Bengkulu berasal dari berbagai sumber.

Nama Bengkulu sendiri diambil dari bahasa asing, pengucapan masyarakat setempat, hingga cerita legenda. Bengkulu atau Bangkahulu berasal dari Bangkai dan Hulu, yang berarti bangkai di hulu. Konon cerita, dulu pernah terjadi perang antara kerajaan-kerajaan yang ada di Bengkulu.

Dari pertempuran tersebut banyak menimbulkan korban dari kedua belah pihak di hulu sungai Bengkulu.

Tanah bengkulu, banyak sejarah yang harus di pelajari, mulai dari rumah Ibu Fatmawati, rumah pengasingan Ir Soekarno sampai kepada benteng Marlborough yang di bangun oleh Inggris, kemudian di kuasai oleh Belanda, hingga Jepang dan di kuasai oleh Tentara Indonesia hingga anhirnya menjadi cagar budaya.

BACA JUGA:PHK Massal, 1.146 Karyawan Bank Commonwealth Terdampak, Pesangon Aman?

Sejarah Kerajaan yang Pernah di Bengkulu

Sebelum masuknya era kolonialisme sejarah Kerajaan di tanah Bengkulu juga tak kalah menarik. Kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Bengkulu terdapat sekitar abad XII hingga abad XIII, diantaranya:

1. Kerajaan Selebar di daerah Pelabuhan Pulau Baai dan Jenggalu.

2. Kerajaan Sungai Serut Kerajaan Sungai Lemau di Pondok Kelapa.

Kategori :