5 Cara Membeli Rumah Lelang Bank, Harga yang Lebih Terjangkau dan Kualitas yang Bagus

Sabtu 27-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Pada prosesnya, bank tetap akan melakukan analisa terkait kemampuan finansial Anda dalam membeli rumah. Agar lolos tahap tersebut, pastikan Anda memilih rumah yang ideal dengan penghasilan.

BACA JUGA:Viral 11 Orang Polisi Diserang Warga Saat Patroli di Kampung Permata

3. Melakukan Transfer Jaminan dan Survei Lokasi

Setelah menemukan rumah lelang yang cocok, Anda bisa mengirimkan uang jaminan ke rekening Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Besaran uang jaminan yang harus dibayarkan, ditentukan berdasarkan nilai limit yang sudah diumumkan oleh bank atau KPKNL.

Umumnya berkisar antara 20–50% dari total harga jual rumah tersebut. Setelah itu, Anda bisa menyambangi lokasi rumah yang sudah dipilih untuk melihat lebih detail bangunannya.

BACA JUGA:Nikah Siri dengan Pejabat Hingga Punya Anak, Ini Profil Istri Siri dari Pejabat PPK BPTD Sulut

4. Mengikuti Proses Lelang

Setelah membayar uang jaminan dan melakukan survei langsung ke lokasi rumah, Anda bisa langsung mengikuti proses lelang. Proses lelang bisa dilakukan secara langsung ataupun daring. 

Nantinya, Anda harus mengajukan penawaran harga rumah tersebut secara berkali-kali, dengan nilai yang lebih tinggi dari penawaran sebelumnya.

Setelah batas waktu lelang berakhir, hasil penawaran para calon pembeli akan direkapitulasi dan diambil penawaran tertinggi sebagai pemenangnya. Bila tawaran Anda diterima, segera lakukan pelunasan setelah proses pelelangan.

BACA JUGA:Cara Beli Mobil Lelang Eks Pemerintah, Ikuti Tata Cara dan Persyaratan Berikut Ini

5. Melakukan Pelunasan dan Pengurusan Dokumen

Setelah dinyatakan menang, Anda wajib membayar pelunasan pembelian rumah serta biaya lainnya, seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).  

Selain itu, Anda juga sudah harus mengurus sejumlah legalitas rumah tersebut, mulai dari balik nama sertifikat dan sebagainya.

BACA JUGA:Ini Fungsi dan Tugas Pokok Asisten Ombudsman Republik Indonesia

Keuntungan Membeli Rumah Lelang Bank 

Kategori :