Sudah Tahu Belum, Limbah Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Ban Kendaraan, Begini Gambaran Prosesnya

Minggu 28-07-2024,10:06 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sudah tahu belum, limbah sawit ternyata bisa diolah jadi ban kendaraan, begini gambaran prosesnya.

Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia berpotensi menghasilkan limbah kelapa sawit yang sangat besar pula. Namun, tahukah bahwa tanaman kelapa sawit sangat produktif dan tidak ada bagian yang terbuang.

BACA JUGA:Jenis Hama yang Sering Bikin Petani Sawit Merugi Total, Ketahui Cara Mengatasinya

Bahkan produk turunan dari proses produksi dan pengolahan minyak kelapa sawit dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti energi atau pakan ternak.

Itulah mengapa kelapa sawit sangat disukai dan dibenci, karena manfaatnya yang sangat banyak dengan harga yang bersahabat.

Oleh karena itu pula kelapa sawit dianggap sebagai salah satu tanaman alami yang tidak menghasilkan limbah produksi. 

BACA JUGA:Jangan Asal Pupuk, Begini Tahapan Penggunaan NPK Kelapa Sawit Sesuai dengan Proses Tanamnya

Apa Saja Limbah Sawit?

Dari penjelasan di atas, limbah padat merupakan sisa pengolahan yang paling banyak dijumpai, yakni sekitar 35–40% dari total TBS. Limbah padat ini dapat berupa tandan buah kosong, cangkang buah, serat, dan abu bakar. Sementara itu, limbah cair merupakan sisa hasil pengolahan yang dihasilkan dari sisa proses pembuatan minyak kelapa sawit. Limbah ini berbentuk cair dan dikenal sebagai Palm Oil Mills Effluent (POME). Adapun limbah gas yang dimaksud merupakan sisa pengolahan yang berasal dari gas buangan pabrik kelapa sawit pada proses produksi CPO.

Dari banyaknya limbah kelapa sawit tersebut, rupanya ada satu limbah yang dapat digunakan sebagai bahan baku carbon black. Ini merupakan bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dan penguat pada ban mobil, sabuk pengaman, dan barang-barang bukan ban yang sama-sama mengandung karet. 

BACA JUGA:ini 4 Rekomendasi Herbisida Sawit Paling Ampuh, Pengendalian Gulma di Kebun Jadi Lebih Optimal

Limbah Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Ban Kendaraan

Dirangkum dari berbagai sumber, pemanfaatan limbah kelapa sawit menjadi ban kendaraan ini merupakan salah satu manfaat dari pengembangan green carbon black yang dibahas pada Monitoring dan Evaluasi Grant Riset Sawit sebagai Program Dukungan Dana Penelitian dan Pengembangan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 

Adapun latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena keberadaan pelepah, tandan kosong, batang sawit sisa penanaman kembali masih belum termanfaatkan. 

Padahal, jumlah tandan kosong yang dapat dihasilkan per tahun dapat mencapai 59 juta ton. Hanya dari tandan kosong mampu menghasilkan sekitar 3 juta ton carbon black. 

Kategori :